Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Bagi Hasil PT PGE Masih Akan Dihitung

Ardi Kalumata   |   21 Oktober 2011 – 08:14 WITA
Choirul Rozak

Ir Choirul Rozak

Manadotoday.com,Tomohon – Kendati sudah berproduksi, namun hingga saat ini PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) mengaku belum bisa memberikan bagi hasil. Ini dikarenakan belum dihitungnya pemasukan dan pengeluaran yang diperoleh.

Hal ini diungkapkan General Manager (GM) PT PGE Lahendong Ir Choirul Rozak kepada wartawan. Pemasukan dari penjualan uap ke PT PLN lanjut Rozak, pertahun berada di kisaran Rp 20 miliar. Sementara biaya operasional di sumur-sumur, berkisar Rp 30 miliar pertahun.

‘’Tapi, itu bukan wilayah kami. Tugas kami utuk operasional produksi uap untuk pembangkit listrik,’’ katanya.

Ditambahkannya, kemungkinan bagi hasil akan diberikan jika Net Operational Income (NOI) telah dihitung. Itu pun dibayar ke Departemen Keuangan, bukan langsung ke Tomohon.

‘’Ya, penjualan ke PT PLN sangat rendah, yakni hanya sekitar Rp 177-239 per KWH. Tapi, sekali lagi itu bukan kewenangan kami,’’ tukasnya.

Warga Kota Tomohon sendiri sudah sejak lama menggaungkan tentang bagi hasil tersebut. Hanya saja, hingga saat ini belum ada realisasi. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading