Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Hukum dan Kriminal

Bakorkamla-Bea Cukai Bitung Amankan Tiga Pun Boat Filipina

Aldy Monareh   |   27 November 2011 – 20:32 WITA

Diduga Melakukan Illegal Fishing

pun boat

Pun Boat yang diamankan

Bitung, MTC – Badan Koordinasi keamanan laut (Bakorkamla) BC 9001 Bitung dan Bea Cukai, berhasil menangkap tiga Kapal jenis Pun boat asal Filipina yang diduga sebagai pelaku illegal fishing.
Ketiga Pun Boat tersebut ditangkap Sabtu (26/11/2011) di perairan Maluku Utara Pulau Banyunya, karena tidak dilengkapi dengan dokumen resmi.
Dari informasi yang disampaikan petugas Bakorkamla Custom A Ashar ketiga Pun Boat tersebut seluruhnya memiliki 17 Anak Buah Kapal (ABK) yang kesemua berasal dari Filipina.
Dari hasil pemeriksaan ketiga kapal tersebut tidak memiliki dokumen resmi sehingga petugas Bea Cukai, kemusdian menggiring ke tiga Pun Boat tersebut ke Pelabuhan Navigasi Bitung, Minggu (27/11/2011),” terang Ashar.
Dikatakannya bahwa pihaknya akan menyerahkan ketiga pelaku dugaan Illegal Fishing ini kepada instansi yang berwenang.untuk di periksa lebih lanjut.
Sementara diwaktu yang hampir bersamaan yakni Sabtu (26/11/2011) kemarin, petugas Bea Cukai dan Bakorkamla juga membekuk dugaan pelaku illegal logging di perairan Maluku dan Sulawesi.
Operasi yang dipimpin Komandan Patroli BC 9001 Sentje Takasihaeng berhasil menangkap KM Citra Lestari, yang tidak memiliki dokumen lengkap,
Diungkapkan Takasihaeng bahwa kapal tersebut membawa kayu Amara, atau Kayu Hitam sebanyak 9 Kubik dengan ukuran 15×15 dan 20×2 meter. Kayu ini diduga
berasal dari pulau Seram untuk selanjutnya dibawa ke Tawaw Malaysia.
”Dari hasil pemeriksaan sementara kapal ini beserta kayunya tidak disertai dokumen lengkap, dan dinilai telah melanggar UU Kepabeanan,” ujarnya.
Lanjut dikatakannya barang bukti beserta seluruh ABK yang terdiri dari 6 ABK, telah diamankan di pelabuhan Navigasi Tandurusa Bitung.
”Penangkapan dugaan Illegal logging ini baru pertama kali dilakukan, Dan dari keterangan yang berhasil diungkap, KM Citra Lestari ini disewa oleh seorang Cukong dari Malaysia bernama A Heng dengan harga 40 Juta,” tuntasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading