Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Balai Sungai Sulut Jamin Air Irigasi tetap Tersedia

Staff Manado Today   |   2 Agustus 2011 – 19:50 WITA

Manado Today – Kepala Balai Sungai Sulawesi Utara Bob Lombogia menjamin ketersediaan air irigasi pertanian yang terdapat di wilayah sentra pertanian.

“Petani tidak perlu khawatir. Meski sekarang musim kemarau, kami terus berupaya memenuhi distribusi air ke areal pertanian,” katanya di Manado.

Ia mengatakan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur dan Kota Kotamobagu masih menjadi sentra produksi padi di Sulawesi Utara.

“Jika musim kemarau ini tidak ditopang dengan ketersediaan pasokan air yang mencukupi, banyak sawah yang akan menjadi sawah tadah hujan. Ini akan mempengaruhi produksi beras,” katanya.

Menurut dia, di sentra pertanian tanaman padi ini akan dimaksimalkan pengeboran air tanah dan bendungan seperti bendungan Sangkup di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Bendungan ini mampu mengairi irigasi sepanjang 20 kilometer.

“Bendungan tersebut juga mampu mendistribusikan air ke 1.800 hektare sawah. Total dana Rp47 miliar dianggarkan Balai Sungai untuk membangun jaringan irigasi bendungan tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, pada musim kemarau ini pihaknya memprogramkan pengembangan air tanah untuk mengatasi kekurangan air di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Minahasa. Minahasa juga menjadi salah satu sentra produksi pertanian tanaman padi di Sulawesi Utara yang harus diperhatikan.

“Kami menyadari ketersediaan air di areal pertanian akan berkurang pada musim kemarau ini. Karena itu sedapat mungkin kami akan mengidentifikasi lokasi yang memungkinkan dilakukan pengeboran air tanah untuk memenuhi ketersediaan air,” katanya.

Meski demikian, Lombogia tidak bisa merinci jelas berapa besar anggaran yang tersedot untuk pembangunan jaringan irigasi pada 2011.

Menurut dia, selain irigasi Sangkup di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Balai Sungai Sulawesi Utara juga akan membangun irigasi Nunuk di Kabupaten Boloaang Mongondow Selatan, irigasi Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow dan di Kabupaten Talaud.

“Di beberapa kabupaten juga menyebar irigasi air tanah. Nanti saya akan merinci lebih detail lagi berapa miliar rupiah yang akan tersedot untuk pembangunan jaringan irigasi. Semua tergantung ketersediaan anggaran,” katanya.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading