Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline

Baleg Sosialisasi Kinerja di DPRD Sulawesi Utara

Redaksi Manado Today   |   17 November 2010 – 19:36 WITA

Manado Today – Sebagai rangkaiaan langkah sosialisasi Badan Legislasi DPRD Sulut yang perdanannya dilakukan  TVRI Sulawesi Utara dan berturut-turut secara bergiliran dilakukan di berbagai media cetak dan media elektronik Sulawesi Utara, menampilkan Narasumber Ketua DPRD Sulawesi Utara Pdt.Meiva Salindeho –Lintang di dampingi oleh Ketua Badan Legislasi DPRD Sulawesi Utara Viktor Mailangkay.SH.MH .
Dalam dialog interaktif saat sairan langsung di TVRI Manado, topik pembahasan adalah seputar perjenalan terhadap peran dan fungsi dari DPRD yaitu sebagai representasi dari seluruh masyarakat Sulawesi Utara selain itu juga Ketua DPRD Sulut sebagai Narasumber pertama dalam sosialisasi ini menjelaskan mengenai kelengkapan dari DPRD itu sendiri.
“45 Anggota Dewan terdiri dari 1 orang Ketua,4 orang Wakil Ketua sedangkan lainnya di tempatkan pada 4 Komisi antara lain Komisi I membidangi Pemerintahan Komisi II Bidang Perekonomian Komisi III Bidang Kesra sedangkan Komisi IV membidangi Pembangunan.”tutur Lintang.
Sementara itu Viktor Mailangkay sebagai Narasumber kedua yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Legislasi DPRD Sulut dalam sosialisasi ini menerangkan mengenai rencana penyusunan Program Legislasi Daerah (Prolekda) untuk lima tahun ke depan guna untuk menyatukan persepsi mengenai penyusunan rancangan peraturan daerah dan akan dioptimalkan tahun 2011 mendatang, agar pihak eksekutif ketika akan mengajukan rancangan peraturan daerah mengetahui tingkat prioritas.
“Prolegda lebih mengarah ke persiapan pembentukan peraturan-peraturan daerah, sehingga nantinya tidak tumpang tindih dengan aturan lainnya,” Ujar Mailangkay
DPRD Sulut sementara ini menyiapkan sejumlah rancangan peraturan daerah yang akan dibahas nanti dan sudah dimasukan pada Prolegda, seperti Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW).
Rancangan Pembangungunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), 
Kemudian rancangan Perda Perlindungan Tenaga Kerja Lokal, Perlindungan dan Peningkatan usaha Koperasi, Mikro, Kecil dan Menengah, Perlindungan Pembantu Rumah Tangga, dan Retribusi/pajak.
“Sejumlah rancangan Perda ini akan di bahas secepatnya berdasarkan mekanisme yang ada, sebab sangat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara”ucap Mailangkay.(vian)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading