Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Hukum dan Kriminal

Banding JPU Dinilai Bakal Hambat Pelunasan IMB Peti Kemas

Aldy Monareh   |   16 Desember 2011 – 08:56 WITA

Bitung, MTC – Kuasa Hukum Hendry Sutanto, yaitu Nico Walone SH, menilai banding yang dilakukan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang diketuai oleh Wahyudin SH, terhadap vonis yang dijatuhkan hakim Pengadilan Negeri (PN) Bitung akan menghambat PT Pelindo melakukan pembayaran sisa retribusi IMB.
”Banding yang dilakukan JPU atas kasus yang menyeret Kadistaru Bitung Hendry Sutanto terkesan menghambat dan melindungi PT Pelindo IV melunasi sisa hutang Rp 473 Juta yang diakui PT Pelindo akan dibayarkan ke Pemkot Bitung,” tandas Walone.
Setali tiga uang hal yang sama diungkapkan oleh sejumlah aktifis di Kota Bitung, yang menyesalkan sikap JPU, terkesan melindungi PT Pelindo dari kewajibannya membayar hutang. Dan kami sarankan sebaiknya Wahydin jadi saja pengacaranya PT Pelindo IV,” ujar Personil LSM Sakti Petrus Rumbayan diiyakan Samsi Hima LSM Pasela dan Musakir Boven LSM Lembeh Bersatu.
Mereka juga mengatakan jika Hendry Sutanto, yang divonis bersalah karena lalai melakukan pengaihan hutang secara rutin ke PT Pelindo, serta mengeluarkan sertifikat IMB meski belum dilunasi, hanya kesalahan administrasi , yang secara substansi tidak melakukan korupsi atau merugikan Negara, sebab buktinya memang pihak Pelindo mengakui akan segera membayar sisa hutang tersebut.
”Ade memang bersalah, tapi ia tidak korupsi, buktinya tidak ada kerugian Negara, yang ada hanya kesalahan administrasi saja, ” ujar ketiganya.
Mereka juga berencana bersama elemen masyarakat lainnya bersama Pemkot Bitung akan mendatangi PT Pelindo yang intinya menagih sisa retribusi IMB sebesar Rp 473.681.000 , karena hingga kini Pemkot Bitung masih menganggap PT Pelindo berhutang, yang dibuktikan dengan surat Walikota Bitung Nomor 650/TR/1115/XI/2011 perihal Pelunasan Retribusi IMB Pelabuhan Peti Kemas Bitung yang ditandatangani oleh Wakil  Walikota, Max J Lomban SE MSi.
”Agar nantinya Pemkot Bitung mendapatkan PAD senilai Rp 473 Juta lebih yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di Kota Bitung,” tutupnya.
Diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bitung pekan lalu, menjatuhkan hukuman selama 6 Bulan Penjara dan denda Rp 50 Juta terhadap Hendry Sutanto, perihal penyalahgunaan kewenangan karena lalai melakukan penagihan secara rutin retribusi ijin mendirikan bangunan (IMB) pembangunan pelabuhan peti kemas oleh PT Pelindo IV(lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading