Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Bank Asing Diizinkan Laksanakan Penyaluran KUR

Manado Today   |   5 Agustus 2011 – 17:14 WITA

Manado Today – Bank Indonesia (BI) mengijinkan jika ada bank asing yang ingin menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM), karena aturan perbankan tidak membatasi hal tersebut.

“Asalkan mengikuti prosedur diantaranya persyaratannya mendaftarkan diri di Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (Kemeneg BUMN), maka bank asing siap mengucurkan KUR kepada UMKM di Indonesia,”kata Kepala Biro Pengembangan BPR dan UMKM Direktorat Kredit, BPR dan UMKM Bank Indonesia, Y Santoso Wibowo di Manado.

Santoso mengatakan, prosedur penyaluran KUR oleh bank asing, pada prinsipnya sama dengan sistem yang sudah diterapkan pada beberapa bank umum dan bank pembangunan daerah yang sudah merealisasikannya.

Keikutsertaan bank asing dalam menyalurkan KUR, kata Santoso dapat membantu percepatan pemberdayaan sektor UMKM agar mampu tumbuh dan berkembang menjadi pelaku usaha tangguh dan mandiri.

“Sampai saat ini penyalur KUR yang disetujui pemerintah ada 25 bank, masing-masing enam bank umum nasional yakni Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Mandiri, Bank Tabungan Negara, Bukopin dan Bank Syariah Mandiri,” kata Santoso.

Perbankan yang belum termasuk dalam bank penyalur KUR, kata Santoso tetap diberikan kesempatan ikut serta.

“BI tetap memberi kesempatan luas kepada seluruh bank beroperasi di Indonesia untuk menjadi penyalur KUR secara channeling, sementara untuk BPR hanya bisa dengan sistem linkage dengan bank yang sudah ditunjuk menjadi penyalur KUR sebelumnya,” kata Santoso.

Sejak diluncurkan akhir tahun 2007 hingga Juli 2011, KUR di Indonesia sudah mampu terealisasi sekitar Rp50 triliun dengan jumlah penerima lima juta UMKM.

Khusus tahun 2011, hingga Juli sudah tersalur sebesar lebih dari Rp17 triliun atau sekitar 85 persen dari target tahun ini Rp20 triliun, sekitar 60 persen ke sektor perdagangan, hotel dan restoran. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading