Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Bank Sulut Terpilih Ikut Program EBA

Staff Manado Today   |   20 Juli 2011 – 23:22 WITA

Manado Today – Bank Sulut oleh Indonesia (BI) terpilih sebagai salah satu dari empat bank daerah di Indonesia menjadi bank tempat pelaksanaan riset pengembangan program Efek Beragun Aset (EBA), sebagai percepatan terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM) sehingga dapat menikmati kredit perbankan.

“Program EBA ini merupakan alternatif pembiayaan melalui sekuritisasi aset kredit UMKM yang sifatnya lancar, kemudian ditawarkan dalam bentuk surat berharga kepada investor, dan dana segera diperoleh bank dapat digunakan kembali guna perluas pembiayaan ke UMKM,” kata Peneliti Utama Senior Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan Bank Indonesia (BI), Dr Wijoyo Santoso di Manado Rabu (20/07/2011).

Wijoyo mengatakan, dalam sistem EBA ini, maka dana yang disalurkan bank daerah kepada UMKM dapat kembali dalam waktu singkat melalui penjualan surat berharga piutang UMKM kepada investor.

“Investor mendapatkan keuntungan berupa diskonto, sementara bank memperoleh dana segar sehingga dapat melakukan ekspansi kredit UMKM lebih luas, sedangkan UMKM memperoleh rating Pefindo,” kata Wijoyo.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading