Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Bantuan Bencana Letusan Lokon Perlu Perincian Data yang Valid

Ardi Kalumata   |   3 November 2011 – 20:57 WITA
Letusan Lokon

Letusan Gunung Lokon beberapa waktu lalu

Tomohon, MTC – Ketua Komisi A DPRD Tomohon yang membidangi Pemerintahan dan Hukum Drs Paulus Sembel mengatakan, bantuan bencana meletusnya Gunung Lokon perlu ada perincian data yang Valid.

Perincian dimaksud adalah soal penggunaan dana, yakni apa-apa saja yang menggunakan dana tersebut. Ini dimaksudkan agar masyarakat Tomohon mengetahui pemanfaatan dana untuk para korban bencana alam tersebut.

Selain nominal dana dan pemanfaatannya, Sembel mengatakan bahwa pihak yang menangani masalah tersebut juga harus memberitahukan soal natura, apa-apa yang masuk, apa-apa yang telah digunakan dan apa-apa saja yang masih tersisa.

‘’Soal 95 persen dana bantuan yang sudah terpakai seperti informasi yang kami terima, harus ada data pemanfaatan dan berapa sisanya. Jadi, administrasi pemanfaatan dana dan administrasi penyaluran natura harus jelas. Artinya, jangan sampai ada rekayasa,’’ ujar Sembel.

Yang paling penting lanjut Sembel adalah data supaya masyarakat tidak mencurigai bahwa sumbangan ini baik dana dan natura tidak diselewengkan. ‘’Jika ada masyarakat yang mengadu ke dewan menyoal ketidaktransparan bantuan bencana tersebut, maka kami akan memanggil hearing pihak-pihak yang berkompeten. Dan, jika bermasalah, akan kami bawa ke ranah hukum,’’ tukas Sembel. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading