Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Bantuan Rp 4 M ke Pabrik Gula Aren Mubazir

Staff Manado Today   |   24 Mei 2011 – 09:03 WITA
Pabrik Gula Aren Masarang

Pabrik Gula Aren Masarang

Tomohon Today – Bantuan Pemerintah Kota Tomohon ke Pabrik Gula Aren Yayasan Masarang yang terletak di Kelurahan Tondangow Tomohon Selatan mubazir. Pasalnya, hingga saat ini pabrik milik petani yang diklaim menjadi milik Yayasan Masarang tersebut tak pernah beroperasi sesuai peruntukannya.

Ini dipertanyakan masyarakat Kota Bunga Tomohon. Sebab, hingga saat ini, seperti apa yang dihasilkan di pabrik tersebut tak pernah diketahui. ‘’Kami mempertanyakan hal ini kepada Pemerintah Kota Tomohon. Apakah pabrik ini masih berfungsi atau tidak lagi,’’ kata Roy dan Jouke, dua petani aren.

Jika pabrik tersebut berfungsi, maka para petani aren tidak lagi memperbanyak produksi cap tikus, sehingga produksi aren akan diarahkan ke pabrik tersebut.

Pelaksana Tugas (plt) Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, pemerintah Kota Tomohon hanya memberikan bantuan ke pabrik tersebut. Namun, itu lebih ke swasta.

‘’Pemerintah Kota Tomohon waktu lalu telah memberikan bantuan kalau tidak salah empat miliar,’’ kata Eman.

Sementara Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Dra Truusje Kaunang mengatakan, pihaknya sejak tahun 2009 lalu telah membagikan peralatan pembuatan gula merah kepada petani aren.

‘’Saat ini harga gula merah sangat bagus. Jadi, kesempatan seluas-luasnya diberikan kepada petani aren untuk memproduksi gula. Tahun 2012 kami sudah memprogramkan untuk kembali memberikan alat kepada petani aren,’’ tukasnya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading