Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Banyak Anak Putus Sekolah di Bitung Butuh Perhatian Pemerintah

Aldy Monareh   |   31 Agustus 2012 – 09:43 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Kota Bitung merupakan Kota serba dimensi yang terus menggeliat memacu pembangunan di berbagai sektor. Namun seiring dengan kemajuan pembangunan ternyata masih banyak didapati anak-anak usia sekolah yang tidak dapat lagi mengenyam Pendidikan. Anak yang seharusnya menikmati pendidikan di bangku sekolah terpaksa harus berjibaku menantang hidup, membanting tulang memenuhi kebutuhan keluarga, menjadi kuli bangunan, pekerja serabutan dan sejumlah pekerjaan lain.

Abdul (12) salah satu dari sekian anak usia sekolah yang tinggal di Pusat Kota Bitung, terpaksa harus bekerja membantu keluarga sebagai tukang cuci kendaraan, Ia mengaku tidak bisa meneruskan Pendidikan karena masalah ekonomi karena ayahnya hanya pekerja serabutan.

”Ayah hanya pekerja serabutan. Sehingga tidak sanggup menyekolahkan saya dan adik saya,” ujarnya.Sebenarnya kata Abdul, Ia sangat berkeinginan untuk duduk di bangku Sekolah layaknya teman sebayanya. Namun apa boleh buat himpitan ekonomi akhirnya menguburkan impiannya untuk meraih masa depan dari bangku Sekolah.

”Sebenarnya saya ingin sekolah, tapi tidak ada biaya,” keluhnya.

Menyikapi hal ini, Ketua LSM Lumbung Informasi Masyarakat, Sunny Kakauhe, meminta agar anak terlantar dan anak putus sekolah dapat diperhatikan pemerintah dengan memfasilitasi anak-anak usia sekolah ini mengenyam Pendidikan tanpa dipungut biaya.

”Apalagi ini ada program wajib belajar 12 tahun. Jadi keharusan pemerintah mendata seluruh anak -anak yang sudah putus sekolah karena himpitan ekonomi namun masih termasuk usia sekolah untuk disekolahkan. Agar mereka dapat mengenyam Pendidikan. Sebab usia mereka bukan untuk bekerja tapi untuk mendapatkan pendidikan,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading