Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Banyak Perusahaan di Sulut Abaikan LKPT

Redaksi Manado Today   |   14 April 2011 – 22:15 WITA

Manado Today – Perusahaan yang beroperasi di Sulawesi Utara (Sulut) yang memiliki aset di atas Rp25 miliar, masih banyak yang belum menyampaikan Laporan Keuangan Perusahaan Tahunan (LKPT) kepada Direktorat Bina Usaha dan Pendaftaran Perusahaan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

“Sesuai aturan perundang-undangan serta surat Menperindag Nomor 121/MPP/Kep/2/2002 semua perusahaan yang memiliki aset di atas Rp25 miliar wajib menyampaikan LKPT ke Kemendag, namun yang berasal dari Sulut masih relatif sedikit,” kata Seksi Pelayanan Bina Usaha dan Pendaftaran Kemendag, Eriza Elna, di Manado, Kamis.

Eriza mengatakan, isi LKPT yang wajib disampaikan secara berkala setiap tahun yakni profil perusahaan dan laporan keuangan termasuk di dalamnya neraca rugi laba, laporan perusahaan ekuitas, laporan arus kas dan catatan mengungkapkan utang piutang.

Kriteria perusahaan wajib LKPT, perseroan terbatas di bidang usaha berkaitan dengan pengerahan dana masyarakat, mengeluarkan surat pengakuan utang, perusahaan asing di Indonesia, serta persero, perum dan perusahaan daerah.

LKPT ini sangat penting guna membantu pemerintah dalam pengambilan keputusan secara cermat, prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana masyarakat, serta sangat diperludalam kebijakan mendorong peningkatan efisiensi perekonomian nasional dan peningkatan daya saing usaha.

Laporan LKPT ini sendiri, kata Eriza bertujuan menciptakan transparansi dan akuntabilitas perusahaan, dilaksanakan praktek bisnis yang sehat dan pruden yang sekaligus mendukung terciptanya good coorporate governance serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas ekonomi nasional.

Perusahaan yang tidak menyampaikan LKPT ke Kemendag, kata Eriza dapat terkena sanksi pidana penjara atau denda sesuai pasar 34 Undang Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang wajib daftar perusahaan (UU-WDP).(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading