Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Baru 58 Ormas dan LSM Terdaftar di Kesbang Manado

Aldi Mawitjere   |   10 Agustus 2012 – 23:05 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Menjamurnya berbagai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kota Manado, ternyata tidak melalui mekanisme dan aturan yang berlaku.

Pasalnya, sebagian besar Ormas dan LSM yang ada tersebut, tidak terdaftar secara resmi di Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol-Linmas) Kota Manado, Drs JT Tampi, mengatakan dari ratusan Ormas dan LSM yang beraktifitas di daerah ini, hanya 58 yang resmi terdaftar di instansinya.

Padahal, sesuai aturan Ormas maupun LSM setiap tahun harus melapor dan mendaftarkan kembali organisasinya melalui pemerintah setempat.

“Kalau mereka tidak terdaftar di Kesbang, maka organisasi ataupun LSM mereka dikategorikan ilegal dan tidak boleh atau dilarang melaksanakan aktifitas di wilayah Kota Manado,”tandas Tampi.

Olehnya, tambah pejabat low profil tersebut, pihaknya sewaktu-waktu akan mengambil tindakan tegas dengan melakukan penertiban terhadap organisasi ilegal itu.

“Sanksinya bisa sampai pembekuan organisasi kalau tidak terdaftar. Apalagi, sekarang ini banyak Ormas dan LSM yang tidak jelas. Setelah kami cek alamatnya ternyata tidak ada,”pungkas Tampi.

Selain Ormas dan LSM yang dibentuk masyarakat, Badan Kesbangpol-Linmas Kota Manado juga menandaskan, banyak organisasi sayap partai politik, hingga kini belum mendaftar di instansi tersebut.

“Hampir semua organisasi yang berafliasi ke parpol belum mendaftar di Kesbang, padahal mereka banyak melakukan berbagai kegiatan,”ujarnya.

Tampi mengimbau kepada pengurus Ormas maupun LSM, untuk segera melaporkan dan mendaftarkan organisasinya ke pemerintah melalui Badan Kesbangpol-Linmas Kota Manado.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading