Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Basuki : Rendahnya PDRB Hambat Investasi di Sulut

Staff Manado Today   |   20 September 2012 – 16:43 WITA
Ahmad Yani Basuki

Staf khusus Presiden RI, Dr. Ahmad Yani Basuki MSi

MANADO (manadotoday.com) – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sangat strategis menjadi garis depan ekonomi Nasional di kawasan Asia timur, Australia, dan Amerika. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa kendala yang harus diperhatikan oleh pemerintahan Gubernur SH Sarundajang.

Penegasan ini diungkapkan staf khusus presiden RI, Dr.Ahmad Yani Basuki MSi, pada Kamis (20/09) di kantor Bank Indonesia Manado.

Menurut Ahmad, anggaran pembangunan infrastruktur di kawasan timur Indonesia termasuk di Sulut akan menjadi perhatian khusus pemerintah pusat, hal itu terbukti dengan adanya kebijakan yang mengalihkan seluruh sisa dana APBN yang tidak terserap untuk mendukung pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya untuk Sulut.

Selain rendahnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), kendala lain yang perlu diperhatikan antara lain lambatnya pertumbuhan ekonomi utama (sektor pertanian_red) yang hanya mencapai angka 30 persen. Investasi di Sulawesi Utara berasal dari dalam dan luar negeri relatif tertinggal dibanding dengan daerah lainnya, serta belum memadainya infrastruktur perekonomian dan sosial seperti jalan, listrik, air dan kesehatan.

“Kami berharap kendala dan masalah ini mendapat perhatian yang serius dari pemerintah setempat,” tandas staf khusus Presiden RI dibidang publikasi & dokumentasi itu.

Ia juga menambahkan bahwa untuk tahun 2013 mendatang pemerintah telah mengalokasikan anggaran infrastruktur di RAPBN sebesar Rp.193,8 triliun atau naik sebesar 14,9% dari pagu anggaran APBNP 2012. (gin)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading