Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

BBPOM Manado Amankan Kue Berbahaya

Staff Manado Today   |   4 Agustus 2011 – 12:32 WITA

Manado Today – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado mengamankan puluhan kue yang mengandung bahan berbahaya dari pasar Ramadhan, di Kelurahan Islam, Kecamatan Tuminting, Manado.

“Pangan yang kami amankan adalah jenis kue basah yang bernama kuekuk, karena mengandung rhodamin B, zat pewarna pakaian yang tak boleh dicampurkan dengan makanan karena berbahaya,” kata Kepala Bidang Pengawasan dan Penyidikan BBPOM Manado, Nancy Pelealu, di Manado, Rabu.

Pelealu mengatakan pangan yang mengandung bahan berbahaya ini diambil dari pasar kue Ramadhan kemudian langsung diperiksa di mobil laboratorium oleh tenaga ahlinya dan hasilnya langsung diketahui kalau kue tersebut mengandung bahan berbahaya Rhodamin.

Karena itu mereka langsung mengamankan semua kue tersebut karena mengandung bahan berbahaya.

Sementara Kepala Seksi Penyidikan dan Penindakan BBPOM Manado, Sukriadi Dharma, mengatakan mereka akan menelusuri dimana sentra pembuatan kue tersebut, tujuannya untuk memeriksa apakah makanan yang mereka produksi dan jual itu semuanya mengandung bahan berbahaya atau tidak.

“Kami akan memberikan peringatan kepada mereka sesuai dengan aturan yang berlaku, selain itu sebagai bentuk pembinaan mereka akan diberikan petunjuk mengenai bahan apa saja yang bisa digunakan sebagai campuran pangan,” kata Dharma.

Namun Dharma mengatakan, jika memang mereka berkeras dan tidak mau mematuhi aturan, maka akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku, sebab sudah memproduksi makanan yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan manusia.

Mengenai penertiban dan pemeriksaan di lapangan tersebut, Dharma mengatakan, ini adalah program rutin yang dilakukan BBPOM Manado untuk memastikan semua jajanan yang dijual di pasar-pasar dadakan seperti saat ini halal, tidak mengandung bahan berbahaya dan aman untuk dikonsumsi.

Pemeriksaan ini sudah dilakukan BBPOM sejak 2 Agustus dan mereka langsung mengambil jajanan untuk diperiksa di laboratorium BBPOM, untuk mamastikan bebas dari bahan berbahaya dan mikroorganisme.

Namun dia mengatakan dibandingkan tahun sebelumnya, sebenarnya kali ini lebih baik, karena bahan berbahaya hanya ditemukan di satu jenis jajanan saja.

Kalau tahun lalu, Dharma mengatakan ada lebih dari lima jenis kue yang mengandung bahan berbahaya tersebut.

Salah satu pedagang di pasar kue Ramadan Kelurahan Islam bernama, Latifa Pongadi (35) mengatakan mereka hanya menjual saja, karena ada yang memasok untuk mereka, dan uangnya diambil setelah semua dagangan laku malam harinya.

“Kami berjualan halal tidak ada yang terlarang jika memang membahayakan tentu tidak akan kami jual, karena itu saat diperiksa kami dengan sukarela memberikannya dan akan menolak jika memang ada kue yang dicampur dengan bahan berbahaya dipasok pada kami,” kata Pongadi.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading