Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

BCW : Pemkot Bitung Harus Transparan dalam Pembebasan Tanah

Staff Manado Today   |   3 April 2011 – 21:49 WITA

Bitung Today – Bitung Corruption Watch (BCW) meminta kepada pemerintah Kota Bitung, harus transparan dalam melakukan pembebasan tanah publik dan melibatkan Jaksa Pengacara Negara (JPN) dan Pemprov Sulut, untuk mengantisipasi agar tanah yang dibebaskan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Ketua BCW Jacky Ticoalu

Ketua BCW Jacky Ticoalu

“Pemkot Bitung harus transparan, dan membeberkan ke publik jika melakukan pembebasan tanah yang akan digunakan untuk fasilitas publik, menjaga bilamana tanah tersebut bermasalah, “ tandas Ketua BCW Jacky Ticoalu.

Mengingat sebelumnya, menurut Ticoalu ada beberapa kasus pembebasan tanah yang dinilainya bermasalah karena ditenggarai tidak sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku, seperti pembebasan tanah Kuala Tembaga dan Pasar Induk Sagerat, yang dalam penetapan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tidak melibatkan pihak Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KP3) Bitung.

“Penetapan NJOP harus sesuai keputusan Menteri Keuangan Nomor 523/04/1998 dengan kasifikasi sektor tanah pedesaan dan termasuk adanya klarifikasi dari BPKP Provinsi agar keabsahan jual beli dan status tanah pasar induk yang telah menjadi milik pemerintah Kota Bitung menjadi jelas,” terangnya lagi.

Untuk itu Ticoalu menambahkan, agar kedepan tidak lagi terjadi kesalahan yang sama, pemkot harus membeberkan ke masyarakat sebelum melaksanakan pembebasan tanah untuk fasilitas publik, baik dari segi yuridis tanah maupun dari sisi NJOP . (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading