Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Belanda Dominasi Pasar Gagang Cengkeh Asal Sulut

Redaksi Manado Today   |   24 Maret 2011 – 20:27 WITA

Manado Today – Gagang cengkeh (clovestems) Sulawesi Utara (Sulut) laris di pasar Belanda, dengan total  ekspor hingga akhir Maret 2011, sebanyak 19,5 ton senilai 11.500 dolar Amerika Serikat.

Gagang Cengkeh (Foto : bimagrup)

Gagang Cengkeh (Foto : bimagrup)

“Ekspor gagang cengkih ke Belanda yang merupakan pertama kali dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, untuk kebutuhan bahan baku perawatan tubuh (spa),” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Kamis.
Sanny mengatakan, gagang cengkih atau lebih populer dengan sebutan “batang cengkih” sebagian besar hanya dijadikan sampah tak bernilai oleh petani.
“Terbukanya pasar ekspor komoditas ini ke Belanda ini diharapkan akan memotivasi petani sehingga dapat menyimpannya sebagai stok setiap panen berlangsung,” kata Sanny.
Kalau dihitung-hitung, harga jual di pasar Belanda berarti berkisar Rp5.300 per kilogram, besaran harga cukup menarik sebagai tambahan penghasilan bagi petani.
Kepala Bidang Perdagangan Luar negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong mengatakan, cengkih memiliki banyak jenis turunan, tetapi yang termanfaatkan petani baru cengkih kering, sedangkan jenis lainnya seperti gagang cengkih belum dioptimalkan.
“Permintaan Belanda terhadap produk batang cengkih yang cukup tinggi merupakan potensi baru yang bisa dikembangkan petani Sulut yang selama ini dikenal sebagai daerah sentra cengkih. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading