Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Nasional

Belum Ada Infeksi Flu Burung Pada Manusia di Sulut

Redaksi Manado Today   |   14 April 2011 – 21:26 WITA

Manado Today – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masih aman dari dugaan (suspect) flu burung pada manusia, meskipun sudah ada temuan penyebaran virus itu pada sejumlah ternak unggas di Kota Kotamobagu awal pekan ini.

“Belum ada laporan dari masyarakat dan rumah sakit soal warga terjangkiti virus H5N1. Namun pemerintah tetap siaga dari ancaman apapun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulut Max Rondonuwu, di Manado, Kamis.

Masyarakat diminta untuk melakukan respon cepat ketika ada temuan suspect pada warga. Karena harus dirawat intensif serta sampelnya akan diperiksa di salah satu laboratorium di Jakarta.

Walaupun begitu, salah satu Rumah Sakit di Manado, RSU Prof Kandou Malalayang, telah memiliki ruangan khusus karantina jika ada warga terindikasi terjangkiti virus mematikan itu.

“Indikasi manusia terkena virus mematikan itu, seperti demam tinggi, batuk dan sebagainya. Jika ada segera laporkan kepada pemerintah daerah guna mendapat perawatan intensif,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Sulut, Jemmy Lampus.

Gejala sakit seperti menderita ISPA, timbulnya demam tinggi (> 38 derajat Celcius), sakit tenggorokan yang tiba-tiba, batuk, mengeluarkan ingus, nyeri otot, sakit kepala, lemas mendadak.

Kemudian timbulnya radang paru-paru (pneumonia) yang bila tidak mendapatkan penanganan tepat dapat menyebabkan kematian.

“Kami berharap memang virus itu tidak sampai ke manusia. Karena jika sudah bermutasi melalui kotoran atau lendir ayam, tentunya efek bahayanya tinggi,” ujarnya.

Pemprov Sulut, kabupaten/kota bersama jajaran kepolisian terus mewaspadai penyebaran virus tersebut, dengan memperketat daerah perbatasan, karena banyaknya pasokan unggas yang masuk daerah tidak memiliki dokumen resmi kesehatan atau bebas Avian Influenza. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading