Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Pariwisata

Benahi Infrastruktur Pariwisata di Sulawesi Utara!!

Redaksi Manado Today   |   22 Mei 2011 – 20:07 WITA

Manado Today – Banyaknya objek wisata yang terbengkalai di Sulawesi Utara mendapatkan perhatian dari pengurus Gerakan Peduli Rakyat Sulut (GPRS). Menurut GPRS, objek wisata di daerah ini sudah seharusnya dibenahi oleh pemerintah daerah, baik itu infrastruktur atau fasilitas pendukungnya.

“Pemerintah segera membenahi fasilitas objek wisata di beberapa tempat. Sehingga tidak di tinggalkan oleh para wisatawan,” kata pengurus Gerakan Peduli Rakyat Sulut (GPRS) Taufik Tumbelaka, di Manado, Minggu siang.

Seperti yang ada di Taman Nasional Laut Bunaken, di mana ketersediaan air bersih, pasokan listrik hingga dermaga yang kurang optimal harus di tangani dengan baik. Apalagi kondisi Taman Laut Bunaken yang mulai kotor seiring dengan banyaknya pasokan sampah yang dibuang melalui beberapa Daerah Aliran Sungai (DAS) di seputaran Kota Manado dan beberapa daerah lainnya.

“Kalau bisa Pemda segera mengadakan jaring penangkal sampah di beberapa DAS. Sehingga sampah-sampah yang hanya dibuang bebas masyarakat bisa dicegah agar tidak masuk ke lokasi Taman Laut Bunaken,” ujarnya.

Menurutnya, fasilitas lain perlu diperhatikan juga di beberapa objek wisata di daerah, seperti akses jalan dan jembatan harus ditingkatkan, kemudian ketersediaan dermaga secara memadai ke objek wisata maritim.

Padahal Provinsi Sulut banyak sekali objek wisata yang sudah dikenal hingga ke mancanegara, seperti cagar alam Tangkoko di Bitung, Danau Tondano dan Sumaru Endo di Minahasa, Bukit Kasih di Kanonang dan sebagainya.

Sementara itu anggota DPRD Sulut Felly Runtuwene mengatakan, program Sulut sebagai daerah tujuan wisata tidak sekedar ‘lips service’, harus dibuktikan dengan kesiapan infrastruktur memadai.

Di Sulut terdapat sebanyak 423 objek wisata yang tidak terurus secara baik, sehingga bisa membawa dampak negatif bagi kunjungan wisatawan. “Kami kira pemerintah ada anggaran untuk sektor pariwisata, itu saja yang harus dioptimalkan pada pembenahan infrastruktur,” katanya.

Sarana pendukung objek wisata, seperti jalan, jembatan, air bersih hingga faktor keamanan dan ketertiban turut menjadi perhatian lembaga wakil rakyat itu. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading