Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Beras Minim, Secara Umum Pangan di Tomohon Terpenuhi

Ardi Kalumata   |   8 November 2011 – 16:19 WITA
Kepala BP4K-KP tomohon

Kepala BP4K-KP Tomohon Drs Eddy J Turang

Tomohon, MTC – Ketersediaan pangan di Kota Bunga Tomohon hingga saat ini terpenuhi. Menurut Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4K-KP) Kota Tomohon Drs Eddy J Turang, secara keseluruhan memang terpenuhi, bahkan berlebihan.
Namun untuk beras, diakuinya hingga saat ini masih minim. ‘’Ya, beras yang akan kami upayakan untuk ditingkatkan. Penanaman padi akan digalakkan. Padi ladang akan ditingkatkan. Begitu juga dengan padi sawah. Untuk itu, walikota telah mengeluarkan instruksi agar tidak ada sawah yang ditimbun. Malah, diarahkan untuk membuka sawah baru,’’ ujar Turang kepada manadotoday.
Diketahui, untuk tahun 2011 ini, Tomohon ditargetkan sekitar 9.555 ton gabah kering giling. Sementara untuk tahun 2012, ditargetkan 10.085 ton gabah kering giling.
Secara nasional, target tahun 2014 adalah 10 juta ton beras. Untuk itu, digalakkan program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). ‘’Sulawesi Utara merupakan satu dari sekian provinsi yang ditargetkan untuk memproduksi beras. Kami juga yakin Tomohon akan memenuhi target yang diberikan. Asalkan stakeholder dnegan sepenuhnya mendukung program ini,’’ ujar Turang.
Pihaknya lanjut Turang, mendukung pogram tersebut lewat penyuluhan yang dilakukan terhadap para kelompok tani. Jumlah penyuluh yang ada saat ini lanjutnya, telah terpenuhi, di mana setiap kelurahan memiliki satu penyuluh.
‘’Untuk penyuluh malah melampaui jumlah, karena jumlah kelurahan di Tomohon hanya empat puluh empat, sementara penyuluh berjumlah enam puluh dua orang,’’ tukas Turang seraya menambahan pihaknya terus berinteraksi dengan petani serta kelompok tani untuk memberikan bimbingan. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading