Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Pemerintahan

Berdayakan Perempuan di PNPM Mandiri !!

Redaksi Manado Today   |   10 Maret 2011 – 00:16 WITA

Manado Today – Anggota DPRD Sulawesi Utara Netty Pantouw berharap perempuan harus diberdayakan di Program Nasional Pemberdayaan Perempuan mandiri, baik dalam menopang kegiatan fisik maupun pemberdayaan ekonomi.

“Kalau bisa PNPM tersebut memberikan ruang bagi perempuan untuk pengembangan ekonomi, meminjamkan modal untuk dikembangkan atau dikelola secara optimal,” kata Pantouw, di Manado, Rabu (9/2/2011).

Menurutnya, sejauh ini program nasional itu lebih terfokus pada kegiatan fisik untuk menunjang pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Selain itu, juga diatur bagaimana mengelola dana bergulir itu untuk pemberdayaan ekonomi.

Peran perempuan dinilai mampu untuk menjalankan tugas-tugas seperti, jika memang diberikan kesempatan oleh pelaksana PNPM mandiri baik pedesaan dan perkotaan, seperti fasilitator yang sudah ditunjuk atau ditetapkan.

“Tujuan utama program itu adalah pengentasan kemiskinan serta memberikan motivasi masyarakat dalam mengelola sumber daya manusia, guna mendongkrak perekonomian secara memadai,” katanya.

Perempuan bisa membuat kelompok kerja untuk pengelolaan dana bergulir, karena banyak potensi dan sumber daya alam bisa dikembangkan menjadi devisa serta mendongkrak perekonomian keluarga.

Menurutnya, pihak pelaksana dan pemerintah selalu giat melakukan sosialisasi kegiatan PNPM mandiri hingga ke pelosok daerah, sehingga masyarakat terutama dari kalangan miskin tahu manfaatnya.

Seperti diketahui bahwa PNPM Mandiri Perdesaan, seluruh anggota masyarakat didorong untuk terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada pelaksanaan kegiatan dan pelestariannya.

“Kami tahu pelaksanaan PNPM mandiri ini ada yang berhasil karena memang disadari manfaatnya cukup besar. Namun optimalisasi ini diharapkan menyentuh pada kepentingan masyarakat secara umum terutama kalangan perempuan,” ujarnya. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading