Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Totabuan

BI Jaring 100 Pengusaha di Bolmut

Redaksi Manado Today   |   20 April 2011 – 20:43 WITA

Manado Today – Bank Indonesia (BI) Manado menjaring 100 pengusaha usaha mikro kecil menengah (UMKM) bankable di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) untuk dimasukkan dalam database BI.
“Pelaku usaha dimasukkan database BI agar dapat memperoleh kemudahan ketika mengajukan permohonan kredit ke bank,” kata Peneliti Ekonomi Madya BI Manado, Eko Siswantoro di Manado, Rabu.
Eko mengatakan, ke-100 pengusaha tersebut merupakan hasil penjaringan dari 200 pengusaha di kabupaten tersebut yang aktif dalam berbagai kegiatan usaha.
“Penjaringan kami lakukan selama hampir satu tahun dari awal 2010, dan saat ini terjaring 100 pengusaha UMKM di wilayah Boroko Kabupaten Bolmut,” kata Eko.
Keuntungan bagi pelaku usaha yang sudah tercatat dalam database BI, kata Eko mendapatkan kemudahan dalam memperoleh kredit dari seluruh perbankan yang ada di Indonesia.
Mereka dimasukkan berdasarkan penilaian yang cermat, karena itu dinyatakan layak untuk mendapatkan fasilitas kredit dari bank,” kata Eko.
Meskipun memberi penilaian pelaku usaha ini layak mendapatkan fasilitas bank, tetapi Eko mengatakan, keputusan akhir tetap harus diputuskan oleh bank itu sendiri.
“Keputusan akhir tetap harus mengikuti hasil penilaian dari bank yang akan memberikan kredit, BI hanya merekomendasikan pelaku usaha ini layak mendapatkan fasilitas kredit bank,” kata Eko.
Dalam menyalurkan kredit, kata Eko maka bank akan mempertimbangkan pada apa yang dikenal dengan 5 C yakni character, capacity, collateral, condition dan capital.
Kabupaten Bolmut adalah lokasi kedua setelah Kota Bitung yang mendapatkan kesempatan pelaku usahanya dimasukkan dalam database BI.
Kebijakan ini, kata Eko akan diterapkan di seluruh wilayah di Sulut saat ini sedang mengajukan permintaan anggaran ke pusat untuk memproses rencana kegiatan ini. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading