Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

BI Manado Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi

Redaksi Manado Today   |   1 April 2011 – 18:58 WITA

Manado Today – Bank Indonesia (BI) memberdayakan wartawan lingkup ekonomi, sehingga dapat melakukan penulisan berita perbankan dengan baik dan benar serta berimbang.
Pemimpin BI Manado, Ramlan Ginting, ketika membuka pelatihan jurnalistik wartawan ekonomi Sulut, di Hotel Santika Manado, Jumat mengatakan, pelatihan ini sangat penting dalam upaya membekali wartawan ekonomi di daerah ini sehingga dapat melakukan penulisan yang baik dan benar.
Ramlan mengatakan, wartawan di Sulut telah berperan cukup baik dalam mensosialisasikan peran dan tugas BI, baik media cetak maupun elektronik kendati demikian terkadang masih terjadi berita yang tidak lengkap konfirmasinya.
“Meliput berita tentang perbankan sangat perlu koreksi dengan keadaan yang sesungguhnya di lapangan, karena dengan demikian akan mendapat gambaran tentang berita yang benar.
Wartawan perlu menulis berita perbankan secara seimbang dan melakukan konfirmasi di lapangan dengan demikian data yang diperoleh mendekati kebenaran.
“Yang perlu dijaga jangan sampai masyarakat menjadi kurang percaya terhadap bank, sebab bila ini terjadi dampaknya bisa terjadi rush (penarikan dana secara besar-besaran). Akibatnya, bank kehabisan dana, bermuara pada kredit, dan dampak akhirnya pembangunan terhenti,” kata Ramlan.
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Sulawesi Utara (Sulut), Joutje, keterlibatan Bank Indonesia dalam memberdayakan wartawan merupakan suatu langkah maju.
“Sebagai seorang jurnalis penting untuk mengkombinasikan atau mengemas berita mengenai perbankan sehingga terjadi perimbangan, sehingga informasi yang disampaikan ke masyarakat bersumber pada sumber kredibel, dan apa yang dilakukan BI pada hari ini mengarah ke hal tersebut,” katanya.
Peneliti Ekonomi Madya, Eko Siswantoro, menjelaskan tentang penetapaan pelaksanaan kebijakan moneter oleh Bank Indonesia.
Materi pelatihan lainnya yang disampaikan dalam pelatihan ini teknik jurnalistik dan kiat membaca dan memberitakan publikasi BI. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading