Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

BI Minta Perbankan di Sulut Tingkatkan Kredit Pertanian

Redaksi Manado Today   |   17 April 2011 – 20:00 WITA

Manado Today – Bank Indonesia (BI) Manado meminta perbankan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meningkatkan kualitas kredit pertanian menyusul masih tingginya kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) sektor ini.
“Per Januari 2011, NPL sektor pertanian masih mencapai 7,99 persen di atas patokan BI sebesar lima persen, karena itu perbankan harus meningkatkan kualitasnya,” kata Pemimpin BI Manado, Ramlan Ginting di Manado, Minggu.
Ramlan mengatakan, bank harus berupaya sedemikian rupa sehingga NPL sektor pertanian dapat turun terus menerus, dengan demikian akan memudahkan bank melakukan ekspansi kredit ini lebih besar di tahun-tahun mendatang.
Kredit ke sektor pertanian, harus terus didorong, karena memberi dampak besar terhadap ekonomi daerah ini, tetapi harus diikuti membaiknya kualitas kredit.
“Jumlah kredit pertanian dibandingkan total kredit, masih sangat kecil, karena itu perbankan harus berkomitmen untuk ekspansi lebih besar, dengan demikian dapat mengurangi tingkat kemiskinan,’ kata Ramlan.
BI sepenuhnya mendukung program pemerintah, salah satunya dengan perhatian lebih besar terhadap pertanian di daerah ini, namun hal ini harus diimbangi dengan kondisi yang tidak membahayakan perbankan sendiri.
Salah satu program pertanian yang perlu didukung sepenuhnya, kata Ramlan yakni program menyentuh tanah yang diluncurkan dalam upaya memperkuat ketahanan stok pangan di masyarakat.
Cuaca ekstrim saat ini membutuhkan kesiapan masyarakat Sulut, salah satunya dengan mengoptimalkan menanam berbagai komoditas pangan terutama yang terkait langsung dengan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading