Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

BI Optimis Kinerja Ekspor Sulut Membaik

Redaksi Manado Today   |   23 April 2011 – 16:02 WITA

Manado Today – Bank Indonesia Manado memperkirakan kinerja ekspor Sulawesi Utara hingga pertengahan 2011 akan terus membaik, bersamaan semakin tingginya permintaan beberapa komoditas.
“Komoditas minyak kelapa kasar atau crude coconut oil (CCO) akan terus menigkat permintaannya, karena dijadikan bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah negara,” kata Pemimpin BI Manado, Ramlan Ginting di Manado, Sabtu.
Ramlan mengatakan, negara-negara penghasil biodiesel memanfaatkan minyak kelapa kasar (CCO) menjadi biofuel dengan harga lebih murah dibandingkan patokan minyak dunia saat ini.
Selain CCO, produk turunan kelapa lainnya yang diperkirakan akan terjadi peningkatan permintaan yakni tepung kelapa dan arang tempurung.
Tepung kelapa, kata Ramlan merupakan komoditas pangan yang semakin digemari banyak negara, hal ini tak lepas dari kualitas pengolahan pabrik di Sulut mampu penuhi standar pasar pembeli internasional.
“Kualitas tepung kelapa Sulut semakin diakui pasar luar negeri, hal ini berdampak positif permintaan berbagai negara di dunia terhadap komoditas tersebut yang makin tinggi,” kata Ramlan.
Komoditas arang tempurung, kata Ramlan, merupakan produk turunan kelapa lainnya yang diperkirakan akan tinggi permintaan, karena manfaatnya yang besar dalam industri di negara maju.
Produk pertanian lain yang diperkirakan tinggi permintaannya pala dan cengkih, kedua komoditas ini menjadi bahan baku untuk pembuatan bumbu-bumbuan berkualitas baik, karena itu permintaannya diperkirakan meningkat tahun ini.
Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong mengatakan, pasar potensial bagi komoditas Sulut pada tahun ini yakni Eropa dan Asia.
“Pasar Eropa merupakan unggulan Sulut untuk meraup devisa cukup banyak tahun ini, terutama pasar Belanda, Jerman dan negara di kawasan Eropa Timur,” kata Hanny. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading