Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Bismark : Dispenda Hanya Menjalankan Perda

Aldi Mawitjere   |   15 Maret 2012 – 09:51 WITA

Terkait Pajak Hiburan 35 Persen
Manado, (manadotoday.com) – Asosiasi hiburan malam di Kota Manado bersama sejumalah pengusaha dan karyawan melakukan aksi demo di kantor DPRD Kota Manado, meminta penijauan kembali revisi kanaikan pajak 35 persen. Lantas apa tanggapan Kadis Pendapatan Kota Manado Bismark Lumentut, sebagai instansi teknis? Menurutnya, sebagai instansi teknis, tentunya apa yang menjadi peraturan daerah itulah yang mereka jalankan.
“Apa yang menjadi peraturan daerah (Perda) itulah kita jalankan. Kalau pun persatu Januari Pemkot bersama DPRD telah membuat Perda 35 persen pajak hiburan tentu itu yang kita jalankan,”ujarnya.
Hanya saja, kata mantan Kadis Damkar itu, terkait demo tersebut pihaknya mengatakan hal yang wajar dan merupakan hak mereka.
“Jadi demo itu sah-sah saja. Namun dalam pelaksanaannya kita selaku instansi teknis tetap akan melaksanakan apa yang menjadi Perda. Apapun angka yang telah ditetapkan itu yang akan kita laksanakan,”tandasnya.
Disinggung tentutan revisi Perda hiburan tersebut, Bismark mengatakan bukan kompetennya, karena hanya pelaksana teknis yang melakukan pemungutan.
“Itu akan ada revisi atau tidak tergantung Walikota, karena mekanisme ini harus melalui kajian lagi DPRD Manado. Sedangkan untuk Perda pajak hiburan 35 persen yang barusan diterapkan per 1 Januari 2012 baru berjalan tiga bulan telah ditetapkan oleh DPRD sendiri. Makanya, kalau revisi perlu waktu dan mekanisme berdasarkan aturan,”terangnya.
Sementara untuk tuntutan pendemo untuk agar pajak hiburan diturunkan hingga 10 persen, Lumentut menjelaskan bahwa sebelumnya telah diterapkan perda nomor 5 tahun 1989.
“Saya kira tidak ada masalah, karena sudah ada yang membayar untuk pajak 35 persen tersebut. Dan dari data yang ada sangat bervariasi ada yang tinggi dan rendah. Untuk pajak hiburan hingga saat ini telah mengalami kenaikan bahkan cukup signifikan,”jelasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading