Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Bitung Belum Bebas dari Illegal Logging

Aldy Monareh   |   19 Juli 2012 – 08:25 WITA

Warga Minta Pemerintah dan Pihak Kepolisian Bertindak Cepat

BITUNG, (manadotoday.com) – Perambahan hutan di Kota Bitung terus saja terjadi tanpa ada tindakan tegas dari instansi terkait. Salah satu faktor penyebab para pelaku Illegal Logging bebas berkeliaran kurangnya pengawasan yang dilakukan pemerintah dan aparat Kepolisian.

Informasi yang dirangkum perambahan hutan yang saat ini terjadi di sekitar Gunung Dua Sudara dan Klabat di Kecamatan Ranowulu. Dimana setiap harinya kayu olahan yang ditenggarai berasal dari hutan lindung ini terus diangkut warga untuk nantinya di jual ke sejumlah tempat penampungan kayu di Kota Bitung.

”Kagiatan illegal logging di Kota Bitung semakin tidak terkendali, tanpa ada tindakan tegas. Hal ini terbukti setiap harinya kayu olahan yang diduga kuat berasal dari hutan lindung terus terlihat diangkut warga untuk nantinya di jual ke penampung,” ujar salah satu warga Danowudu Kecamatan Ranowulu.

Ia khawatir jika hutan di Kota Bitung terus dibabat, pasti akan menimbulkan efek negatif yang mengancam kelangsungan hidup makhluk hidup di Kota Bitung. Dimana ancaman longsor, erosi, banjir, kekeringan mata air apalagi Gunung Klabat merupakan salah satu sumber mata air yang memasok kebutuhan air di Bitung, tidak akan bisa dihindari.

”Jika tidak diseriusi, imbas dari illegal logging ini mungkin tidak akan kita rasakan dampaknya. Namun generasi kita nanti, ”ujarnya sembari meminta Pemerintah dan Aparat Kepolisian bertindak cepat mengambil langkah antisipasi guna meminimalisir aksi pembalakan hutan di Kota Bitung. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading