Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Bitung Gagal Panen Rumput Laut

Manado Today   |   16 Maret 2011 – 23:14 WITA

Bitung Today – Sedikitnya 85 paket rumput laut yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Bitung, yang di tanam sejak akhir Tahun 2010 di sepanjang perairan luar pulau Lembeh, saat ini mengalami gagal panen. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Bitung, Hengky Wowor.

“Gagalnya panen rumput laut tersebut, disebabkan cuaca yang tak menentu, dan berdampak pada pembudidayaan rumput laut tersebut,“ terang Wowor, Rabu (16/03/2011).

Padahal, menurut Wowor pada 15 hari pertama penanaman rumput laut, hasilnya sangat baik. Dimana, keadaan berubah total setelah musim penghujan yang melanda wilayah Bitung, sehingga didalam rumput laut itu, timbul bintik-bintik putih,  akibat hama ais-ais, sehingga lama kelamaan rumput laut itupun punah atau patah, yang berbuntut pada gagal panen.

“Saat ini hanya sekitar 10 persen yang masih dapat dipanen, “ kata Wowor.

Selanjutnya Wowor menambahkan, saat ini pihaknya akan mencari cara lain untuk melakukan penanaman kembali, apabilah ada bantuan dari pemerintah pusat, karena untuk peralatannya masih bisa digunakan.

“Pemerintah pusat sudah mencanangkan program baru di Tahun 2011 ini terkait budidaya, rumput laut melalui wirausaha pemula dengan sistem Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP,red) yang kelompok penerimanya minimal sudah berjalan dua tahun dan telah bekerjasama dengan pihak swasta,” kuncinya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading