Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Bitung Pacu Pengembangan UMKM

Redaksi Manado Today   |   22 April 2011 – 23:19 WITA

 Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop) Kota Bitung terus memacu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan kerajinan yang dimiliki, karena akan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi tenaga kerja.
“Makin banyak UMKM di Kota Bitung, bukan tidak mungkin akan menghasilkan tenaga kerja yang lebih banyak,” ungkap Kepala Diskop Bitung, M Andalangi di Bitung, Jumat.
Andalangi mengatakan, sampai saat ini UMKM yang berkembang di Kota Bitung mencapai 500-an dan kini telah menghasilkan sekitar 6000-an tenaga kerja.
“Salah satu tujuan dibentuknya UMKM, yaitu untuk peningkatan pembangunan khususnya di Kota Bitung bahkan mengurangi angka pengangguran, sehingga UMKM sangat penting untuk dikembangkan,” katanya lagi.
Dia mengatakan, salah satu suksesnya UMKM yang ada di Kota Bitung, merupakan peran dari pihak perbankan yang sampai saat ini memberikan terobosan dengan membantu kredit bagi pelaku usaha yang dibentuk oleh sekelompok maupun perorangan.
“Peran pihak perbankan, sangat penting bagi UMKM dengan memberikan kredit yang mudah dan cepat, sehingga kegiatan yang dikembangkan dapat diwujudkan,” katanya.
Andalangi berharap, melalui peran UMKM, konstribusi Perbankan maupun Pemerintah dan masyarakat mensinergikan kegiatan yang memiliki nilai positif bagi pembangunan, akan memberikan dampak bagi para tenaga kerja.
“Semua perwujudan pembangunan yang baik, tentunya didorong oleh peran serta semua pihak baik dari UMKM itu sendiri, Pemerintah, perbankan bahkan masyarakat, sehingga bersama-sama bersinergi membangun Kota Bitung yang memiliki daya saing,” katanya.
Bank Indonesia saat ini, lanjut Andalangi, tengah mencari 100 UMKM berprestasi untuk diperbantukan modal usaha, itu dilakukan guna peningkatan kesejahteraan.
“Terobosan Bank Indonesia ini, menjadikan landasan bagi pelaku UMKM, karena apa yang dilakukan itu, memotifasi bagi UMKM agar lebih aktif dalam kegiatannya,” ungkapnya.
Andalangi pun berharap, UMKM yang ada di Kota Bitung dapat bersaing agar peningkatannya benar-benar dinyatakan lewat usaha dan kerja keras.
Bahkan Andalangi sangat respon positif bagi masyarakat yang ingin membentuk UMKM, karena akan menghasilkan tenaga kerja lebih banyak lagi.
“UMKM juga akan membantu masyarakat yang belum memiliki pekerjaan tetap, sehingga angka pengangguran di Bitung semakin menurun,” katanya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading