Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Bitung Pusat Peringatan Hari Buruh Internasional se Sulut

Staff Manado Today   |   3 Mei 2011 – 21:02 WITA

Bitung Today – Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) se Sulawesi Utara (Sulut) akan dipusatkan di Kota Bitung, dengan melakukan unjuk rasa damai serta beberapa anjangsana bagi panti asuhan dan kalangan buruh yang bermasalah.“Kami para buruh sengaja tidak menggelar aksi pada 1 Mei 2011, karena bertepatan dengan Hari Minggu atau waktu beribadah umat Kristiani. Sehingga kami pilih aksi di Kota Bitung dalam waktu dekat ini,” kata Koordinator Divisi Advokasi Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Sulut Romel Sondakh, di Manado, Selasa.

Tuntutan utama dari peringatan May Day itu, yakni masalah sistem kontrak (outsourcing), tidak diterapkannya Upah Minimum Provinsi (UMP) sesuai aturan, diskriminasi terhadap tenaga buruh dan sejumlah persoalan lainnya.

Tuntutan lainnya yang disiapkan yakni menolak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak, tolak upah murah, hentikan pemberangusan serikat pekerja, fungsi pengawas Disnaker harus lebih nyata dan tegas, berikan modal dan teknologi pertanian modern serta tentukan harga dasar komoditi petani dalam negeri.

“Kami berharap nantinya tuntutan kami benar-benar diperhatikan oleh pemerintah daerah. Karena ini untuk kepentingan buruh secara keseluruhan,” jelasnya.

KSBSI mencontohkan satu kasus di Sulut, seperti terjadi di PT PLN wilayah Sulutenggo dan Cabang Manado ternyata ada sebanyak 208 karyawan masih menerapkan outsourcing, padahal sebagian sudah bekerja di atas 20 tahun.

“Itu hanya beberapa contoh kasus dari banyaknya persoalan dialami para buruh di Sulut, dan diharapkan segera dituntaskan,” jelasnya.

Sebelumnya, pihak KSBSI Sulut direncanakan akan mengunjungi beberapa panti asuhan di Manado dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional mendatang.

“Kali ini kami akan tampil simpatik dan lebih bersifat sosial, dengan mengunjungi beberapa panti asuhan di Manado,” katanya lagi.

KSBSI masih akan merapatkan barisan dengan sejumlah buruh lain agar peringatan Hari Buruh Internasional atau “May Day” terkoordinasi serta harus tampil beda sehingga benar-benar disegani masyarakat.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading