Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Bitung Sebagai Pelabuhan Hub Port Terancam

Staff Manado Today   |   3 Agustus 2011 – 08:21 WITA

Manado Today – Meski telah ditetapkan pemerintah sebagai Pelabuhan Hub Port Internasional Kawasan Indonesia Timur, namun realisasinya penetapan tersebut bakal menemukan kendala, menyusul Kabupaten Sorong yang juga ditetapkan sebagai Hub Port Internasional telah memulai pembangunannya. Ditambah lagi status tanah di Kota Bitung yang belum tuntas.

”Ini ancaman bagi pemerintah Sulut. Dan jika tidak pro aktif bisa saja Bitung sebagai Hub Port Internasional batal,” ungkap Teddy Kumaat dalam lanjutan Rapat Pansus RPJMD dan RPJPD yang dihadiri Sekprov Ir Rachmad Mokodongan dan sejumlah Kepala SKPD jajaran Pemprov Sulut, Rabu (2/8/2011) sore tadi..

Dari realita yang ada kata Kumaat, pemerintah Kabupaten Sorong sangat pro aktif karena telah menyediakan lahan milik pemerintah sekitar 5 Ribu hektar untuk pembangunan Pelabuhan Hub Port. Sementara untuk Sulut justru status tanah masih belum jelas. Meskipun ada sekitar seratus hektar lebih tanah milik pemerintah.

”Bisa saja Bitung sebagai kawasan Hub Port batal meski lokasi geografisnya sama-sam berada di bibir pasific, karena bisa saja karena kesiapannya pemerintah pusat menilai Sorong lebih menguntungkan ketimbang Bitung. Ditambah lagi Multi Nasional Hub Corporation termasuk Pelindo masuk sebagai Investor, ”ungkapnya.

Ditambahkan Kumaat jika ini terjadi maka akan berdampak saangat pada pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pembangunan Ring Road 3, karena bisa saja RJPMD dan RJPD akan berubah karena baru pada tahapan rancangan.

”Untuk itu diharapkan pemerintah provinsi dan seluruh stake holder jangan hanya berpatokan dan terlena Sulawesi Utara telah ditetapkan Pelabuhan Bitung sebagai Hub Port, KEK. Namun harus terus berupaya bekerja keras,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading