Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

BKPRD Matangkan Ranperda RTRW Bitung 2011-2031

Aldy Monareh   |   14 Maret 2012 – 20:15 WITA

Bitung, (manadotoday.com) – Badan Koordinasi Penataan Tuang Daerah (BKPRD) Bitung, terus melakukan persiapan menjelang akan di Paripurnakannya RTRW Bitung 2011-2031, dengan menggelar rapat evaluasi, di ruang kerja Sekdakot Bitung, guna membahas kesiapan dokumen seperti nama jalan dan peruntukannya, Rabu (14/3/2012) siang tadi.
Usai pelaksanaan Rapat Kepala Dinas Tata Ruang Bitung Ir Alex Watimena, mengungkapkan ada beberapa catatan yang telah ditindaklanjuti diantaranya soal tapal batas yang juga merupakan kewenangan pemprov Sulut dan Pemeruntah pusat yang menggambarkan dalam peta secara persis yang harus punya kepastian hukum dan masalah hutan.
”Tahun ini proyek penetapan tapal batas wilayah sementara ditenderkan di Kemendagri. Penetapan tapal batas tidak hanya di Peta tapi juga disertai bukti yang jelas di daratan yaitu tuguh atau patok paten berupa pal,” Ujar Watimena.
Lanjutnya lagi, terkait substansi kehutanan, harus mengacu dari Undang-undang tata ruang nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang. Sementara untuk RTRW, ijin substansinya dikeluarkan oleh Departemen Pekerjaan Umum, dalam hal ini Dirjen Tata-ruang.
“Tapi ada penjelasan selanjutnya, jika ternyata ada hal-hal yang bersifat sulit dipecahkan, sulit dipetakan dan sulit di lihat pembuktiannya, maka kembali kepada provinsi, jadi nyatakan tidak ada alasan lagi kalau kita harus punya ijin substansi dari kemeterian kehutanan, karena undang-undang sudah mengatur sperti itu,”Tutur Watimena sembari berharap RTRW Bitung akan segera di Perdakan.
Sekedar informasi dalam Rapat BKRD dihadiri oleh Sekretaris Kota Bitung Edison Humiang, Kepala Bappeda Bitung James Rompas, serta Kepala SKPD terkait. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading