Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

BLH Sulut Pelajari Kerangka Acuan ANDAL Pembanguna Bandara Sitaro

Tonny Sumakul   |   23 Februari 2012 – 22:52 WITA

Manado (manadotoday.com) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mulai mempelajari terkait kerangka acuan Analisis Dampak Lingkungan Hidup (ANDAL), untuk rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara), oleh Pemerintah Kabupaten Sitaro.
Menurut Kepala BLH Sulut, Olvie Ateng, mengatakan memang untuk pembangunan suatu Bandara, harus mengacu pada Keputusan menteri Lingkungan Hidup, dimana wajib memiliki Amdal.
“Pembahasan ANDAL ini dilakukan di Pemprov Sulut, sebab Kabupaten Sitaro, merupakan salah satu daerah yang belum memiliki Komisi Penilai Amdal,” kata Ateng.
Lanjutnya menyampaikan, memang juga untuk pembahasan masalah ANDAL pembangunan Bandara Sitaro, baru pada tahap awal. Tetapi, ini harus dikaji dengan baik, guna menjadi acuan dalam penyusunan ANDAL Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL).
“Untuk pembahasan ANDAL RKL sendiri, akan dilaksanakan dilokasi rencana pembangunan, yang telah didahului dengan dilakukannya peninjauan. Dan untuk peninjauan itu nanti akan akan tentukan jadwal,” ungkap Ateng.
Lanjutnya menyampaikan, perlu dipersiapkan dengan baik lagi, yakni untuk lahan rencana pembangunan, yang harus jelas milik dari masyarakat berapa, supaya tak ada masalah yang dapat menghambat pembangunan.
“Disitu juga akan kita lakukan peninjauan lahan. Apakah sudah dimasukan kedalam tata ruang atau belum? Dan apakah sudah dimuat dalam RTRW atau belum?,” cetus Ateng, seraya menambahkan lagi, jika ANDAL ini selesai, akan dilakukan kajian lingkungan,termasuk izin-izin lain, guna menunjang pembangunan Bandara itu. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading