Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Totabuan

Bolmut Kekurangan Tenaga Dokter Bedah

Redaksi Manado Today   |   21 September 2010 – 18:58 WITA

Farid Lauma

Manado Today – Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut) yang adalah wilayah pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondouw, saat ini mengeluhkan kekurangan dokter dan tenaga medis, khususnya dokter ahli Bedah dan tenaga Bidan.

Dari empat Puskesmas percontohan yang ada di kabupaten pesisir utara ini, tak satupun yang memiliki dokter Bedah dan tenaga bidan yang siap dalam waktu 1 x 24 jam.

Kondisi ini menurut Farid Lauma pada manadootday, anggota DPRD Sulut utusan Bolaang Mongondouw Raya, sangat memprihatinkan. “Bolmut yang dilalui jalur trans Sulawesi sangat rawan kecelakaan dan jika warga membutuhkan pertolongan dokter ahli bedah, harus ke Kotamobagu atau dirujuk ke RSUP Malalayang. Ini sangat jelas sangat tidak baik,” kata Lauma.

Selanjutnya, legislator PAN di komisi I ini, menyebutkan dirinya telah menyebutkan beberapa solusi yang harus dilaksanakan oleh Pemkab Bolmut, seperti meminta secara langsung penempatan tenaga Dokter dan Bidan PNS dan pelaksanaan kerja sama pihak Pemkab dengan Fakultas Kedokteran Unsrat Manado, sehingga minimnya tenaga Dokter dapat teratasi dan kualistas pelayanan kesehatan dapat lebih terjamin. “Kami juga mengusulkan penambahan alokasi
anggaran untuk kesehatan, khususnya di wilayah wilayah yang rawan tenaga dokter dan medis,” tutup Lauma. (mt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading