Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

BPHTB Bakal Dikelola Daerah

Manado Today   |   24 November 2010 – 00:36 WITA

Bitung Today – Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang selama ini dikelola Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Pajak terhitung mulai 1 Januari 2011 akan dikelola Pemerintah Daerah. Pasanya, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).Hal ini terungkap dalam acara Sosialisasi Pengalihan BPHTB dari Pajak Pusat menjadi Pajak Daerah yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Bitung di Bunaken Room Lantai 2 Hotel Quality Manado pada Selasa, (23/11/10).

Kepala KPP Pratama Bitung Veronica Heryanti mengungkapkan,KPP Pratama Bitung merupakan yang paling besar target BPHTB nya.

“ Untuk tahun 2010 target BPHTB sebesar 6,5 Milliar. Dimana Minahasa Rp 1,43 Miliar dan Minut 1,022 Milliar,” ujarnya.

Sesuai amanat UU No 28 Tahun 2009 tentang PDRD akan dikelolah oleh pemerintah daerah. Untuk menindaklanjuti UU ini daerah harus membuat Peraturan Daerah dan Peraturan Walikota/Bupati untuk teknis pelaksanaannya.

” Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah dan DPRD Kota Bitung sebagai daerah yang paling siap menerima pengalihan BPHTB ini karena sudah punya Perda tentang BPHTB dan sudah disetujui Menteri Keuangan,”ujarnya.

Walikota Bitung yang diwakili PLt Sekot Drs Edison Humiang Msi dalam sambutan mewakili pemerintah daerah yang hadir pada sosialisai tersebut berharap agar pengalihan ini akan mendorong daerah untuk semakin aktif menggali potensi yang ada dengan tetap mengedepankan asas keadilan dalam pemungutannya sehingga kapasitas fiskal selaku daerah otonom dapat meningkat.

Hadir pada acara ini seluruh Camat di Kota Bitung, Minahasa, Minahasa Utara, dan Dinas terkait yang mengelola keuangan daerah. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading