Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

BPHTB Pengaruhi Peningkatan PAD Dispenda

Manado Today   |   16 Maret 2011 – 22:54 WITA

Manado Today – Kepala Dinas Pendapatan Dearah (Kadispenda) Manado, Cosmos Wongkar, menyatakan penarikan selain restoran, hotel, parker dan Pub, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sangat mempengaruhi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Pemkot Manado.

“PAD paling tinggi di Dispenda dihasilkan dari BPHTB yakni sebesar Rp 11 Miliar dari total realisasi kurang lebih Rp 20 miliar atau sekitar 29 persen. Sedangkan targetnya untuk tahun 2011 ini sebanyak Rp64,4 Miliar,“ tukas Wongkar.

Pun demikian, bisa dipastikan capaian PAD akan melebih target yang ada. Kiat-kiat khusus agar pencapaian PAD pada tahun ini bisa tercapai hingga 100%. Salah satu upaya yang terus dilakukan adalah dengan mendatangi wajib pajak setelah masa jatuh temponya berakhir.

“Kita lakukan system door to door dan ini cukup efektif untuk meningkatkan peningkatan pajak demi tercapainya PAD,” katanya.

Disisi lain, kata Wongkar, Dispenda Manado telah mengusulkan adanya penambahan 9 retribusi yang perlu dibentuk melalui peraturan daerah dimana telah dimasukkan ke Dekot Manado. Namun, sampai saat ini baru BPHTB yang telah disetujui.

“Dalam usulan itu, ada retribusi galian C yang turut kami masukkan,” tambahnya. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading