Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

BPK RI Sulut Tindaklanjuti LKPD Manado

Aldi Mawitjere   |   17 Juli 2012 – 10:09 WITA
pemkot Manado

BPK RI tindaklanjuti Laporan keuangan Pemkot Manado

MANADO, (manadotoday.com) — Dalam 35 hari kedepan terhitung sejak kemarin, BPK RI perwakilan Sulut, secara resmi menindalanjuti Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2011.

“Kita telah menyampaian data yang mereka butuhkan untuk tahun anggaran 2011 terkait dengan pengelolaan keuangan. Dan secara resmi BPK RI Sulut baru masuk ke Pemkot untuk menindaklanjuti LKPD yang diberikan Pemkot Manado tersebut,” ujar Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan SE MSM didampingi Sekretaris Daerah Kota Manado, Ir Heafrey Sendoh.

Lanjutnya, dalam tindaklanjut LKPD yang dilakukan BPK RI Sulut tersebut, akan memakan waktu hingga 35 hari.

“LKPD itu yang diperiksa, mulai hari ini (kemarin, red) selama 35 hari, tambah tiap Sabtu untuk periksa fisik,”ungkap Ai sapaan akrab Mangindaan.

Namun disatu sisi Sendoh menyatakan keyakinannya kalau Pemkot Manado nanti usai hasil pemeriksanaan LKPD melalui publikasi opini BPK, akan menerima opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Kita akan berusaha, Pemkot Manado akan laporan keuangan ke BPK nanti melalui publikasi opini bisa mencapai WDP. Dan sepanjang dokumen yang mereka minta kita akan siapkan,”tegas Sendoh.

Untuk diketahui, BPK RI sesuai kewenangannya melakukan tiga jenis pemeriksaan, yaitu pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT).

Pemeriksaan keuangan, adalah pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat/Daerah (LKPP/LKPD) yang bertujuan untuk memberikan pernyataan opini tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan pemerintah. Penilaian terhadap kewajaran laporan keuangan didasarkan pada empat kriteria, yakni,

kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading