Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

BPK Sebut Pejabat Lama Harus Bertanggungjawab

Aldi Mawitjere   |   29 Februari 2012 – 10:31 WITA

Soal Temuan BPK RI Tahun 2010-2011
Manado, (manadotoday.com) —Temuan bersifat kerugian negara atau bersentuhan dengan pengembalian uang, menurut Kepala Badan Pemeriksanaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) perwakilan Sulut, Rochmadi Saptogiri SE MM Ak menjadi tanggungjawab siapa yang melakukan, atau kepada personil ketika pada saat itu menjabat.
Pasalnya, menurut Saptogiri, tanggungjawab yang berkaitan dengan uang yang harus mengembalikan atau bertanggungjawab hukum, kepada siapa yang melakukan.
“Tanggungjawab yang berkaitan dengan uang, yang harus mengembalikan atau bertanggungjawab hukum, ya siapa yang melakukan itu. Artinya ke personil pada waktu itu,”tegas Saptogiri.
Sementara lanjutnya, untuk tanggungjawab terhadap administratif jelas melekat pada pejabat saat ini, kendati temuan tersebut terjadi bukan ketika pejabat tersebut menjabat.
“Jadi begini, namanya jabatan itu kan tidak bisa mengatakan saya dulu tidak menjabat, karena jabatan itu melekat adalah tanggungjawab. Tentunya sebelum menjabat ada serah terima jabatan, mana tanggung jawab yang sebelumnya dan mana tanggungjawab sesudahnya. Kalau tau itu permasalahan administratif harus diselesaikan oleh pejabat yang sekarang menjabat, itu pasti. Karena pejabat yang lama sudah tidak bisa memperbaiki lagi atas temuan dengan rekomendasi BPK,”jelasnya.
Diketahui, temuan BPK RI Sulut melalui hasil pemeriksanaan kinerja dan pemeriksanaan dengan tujuan tertentu (PDTT) tahun 2010-2011, terdapat beberapa temuan di kota Manado.
Saptogiri pun menambahkan, hasil temuan bisa disampaikan ke penegak hukum, kalau tidak ada tindaklanjut hasil rekomendasi yang diberikan selama 60 hari.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading