Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

BPMPK Pastikan Program PBL Mapaluse Sulit Disalahgunakan

Aldi Mawitjere   |   12 Mei 2012 – 09:31 WITA
Kepela BPMPK Manado

Drs Helmy Bachdar

MANADO, (manadotoday.com) — Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kelurahan (BPMPK) Manado, Drs Helmy Bachdar memastikan Program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) Mapaluse dengan anggaran Rp 37,9 miliar APBD Manado, sulit untuk disalahgunakan.Pasalnya, semua kegiatan dalam PBL Mapaluse, masyarakat yang menyusun program sendiri melalui Rapat Kajian Lingkungan (RKL). Artinya seluruh program disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing lingkungan. “Dengan begitu penggunaan dana PBL diawasi langsung oleh warga di setiap lingkungan,”ujar Bachdar. Lanjut dikatakannya, peran para Camat dan Lurah untuk menjadi pengawas di lapangan agar supaya dana yang disalurkan tersebut sesuai dengna peruntukan. “Jadi harapannya dana sesuai dengan kebutuhan di wilayah. Makanya, kalau ada sedikit saja yang tidak susuai peruntukan masyarakat sekitar akan langsung berteriak,”tandasnya. Lebih jauh dikatakan Helmy, tapan pelaksanaan program PBL Mapaluse, juga ada Kelompok Masyarakat Mapalus (KMM) yang di dalamnya melibatkan warga di lingkungan masing-masing. “Nah, mereka juga ikut mengontol apa realisasi sejak awal hingga selesai akan dana PBL itu,”tegas Bachdar. Diketahui, setiap lingkungan dikucurkan dana Rp75 juta sudah termasu bayar gaji Kepala Lingkungan. Walikota Manado, GS Vicky Lumentut telah menjelaskan, program PBL Mapalus metupakan program yang diadopsi PNPM Mandiri. “Awalnya setiap masyarakat di lingkungan telah merumuskan  apa yang akan dikerjakan sesuai dengan kebutuhan. Tapi tujuan utama dari bergulirnya PBL Mapaluse untuk lingkungan lebih bersih dan lebih sehat. Jika pengeloalaan berhasil, pengelolaan baik bukan tidak mungkin pada tahun berikut besaran dana tersebut akan ditingkatkan,”tandas GSVL sapaan akrab Walikota pilihan warga Manado ini.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading