Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

BPN Akui Sengketa Tanah Masih Marak

Staff Manado Today   |   16 Mei 2011 – 11:01 WITA

Manado Today – Sebagian besar menganggap jika permasalahan tanah ini disebabkan Badan Pertanahan Negara (BPN) kurang teliti serta mempermainkan sertifikat.

Tak pelak kasus sengketa tanah di kota Manado, sampai saat ini masih menjadi bahan pembicaraan hangat oleh masyarakat dan wakil rakyat yang ada di gedung Tikala.Hal itu diakui Kepala BPN Manado, Sofiyan Pamanto SH MH, jika kasus sengketa tanah sampai saat ini masih marak.

Bahkan, beberapa kasus sudah naik sampai ke pihak kepolisian hingga Peng-adilan Tata Usaha Negara (PTUN). Namun sayangnya, Pamanto tidak menjelaskan berapa banyak kasus tanah yang saat ini sedang ditangani oleh BPN Manado.

Sementara itu, adanya pelayanan terhadap masyarakat untuk mendapatkan sertifikat yang sah dimana terkesan mencari keuntungan dari BPN dengan cara melipatgandakan sertifikat, itu dibantah oleh Pamanto.

“Kami tidak pernah mencari kesalahan dalam mengurus sertifikat karena sanksinya sangat jelas berhubungan dengan hukum. Namun yang perlu diketahui, memang benar jika setiap minggunya, ada kasus sengketa tanah yang masuk ke BPN Manado. Kalau sudah begini dan sebelum masuk ke ranah hukum, kami akan teliti atau mediasi kedua belah pihak ini untuk mencari jalan keluarnya,” ujarnya.

Diakui Pamanto, kasus yang paling banyak masuk di BPN Manado adalah soal sengketa tanah perbatasan atau sertifikat ganda diluas lahan yang sama.

“Kasus tanah perbatasan antara milik A dan B atau melengceng dari patok, itu merupakan hal yang wajar terjadi di kota-kota besar seperti Manado. Tapi sama dengan tadi, masalah ini akan kami selesaikan dengan mengundang kedua belah pihak atau antara tetangga dan pemilik tanah untuk mencari jalan keluarnya. Tak lupa juga kami akan undang dari pihak pemerintah setempat untuk menunjukkan registrasi tanahnya,” jelasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading