Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Buang Sampah Sembarangan, Warga Bitung Bakal Kena Denda Rp 5 Juta

Aldy Monareh   |   27 Oktober 2011 – 17:25 WITA

Bitung, MTC – Ini warning bagi warga Kota Bitung yang membuang sampah sembarangan. Pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung bakal mengeluarkan aturan ketat perihal warga yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan, dengan sangsi denda Rp 5 Juta atau Pidana Kurungan badan selama 6 Bulan.

Hal ini disampaikan Kepala dinas Kebersihan Kota Bitung Jossy Kawengian, kepada manadotoday, Kamis (27/10/2011).

Menurutnya sanksi tentang larangan membuang sampah sembarangan saat ini sedang dikaji oleh Pemerintah Kota Bitung melalui bagian hukum, yang merevisi Perda No 3 Tahun 2008.

“Saat ini sedang di kaji Perda larangan membuang sampah. Dan salah satu item pada Perda tersebut menyebutkan warga yang membuang sampah sembarangan akan dikenai sanksi denda berupa uang sebesar 5 juta dan kurungan badan selama 6 bulan,” ungkap Kawengian.

Hanya saja kata Kawengian sanksi yang akan dikenakan tergantung jenis dan kategori yang dilanggar, yang tujuannya untuk memberikan efek jera kepada warga yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan, sehingga Kota Bitung akan terbebas dari sampah.

“Jika Perda sudah disahkan, terlebih dulu akan di sosialisaikan ke masyarakat sebelum di terapkan. Penerapannya juga tentunya akan berkoordinasi dengan lintas sektor,” ujar Kawengian yang mengaku saat ini masih menunggu Perda tersebut sembari menghimbau warga agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading