Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Budidaya Rumput Laut Jadi Program Utama DKP Bitung

Staff Manado Today   |   11 September 2011 – 19:20 WITA

Bitung Today – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bitung Ir Hengky Wowor mengungkapkan bahwa pihaknya, akan terus berupaya mem-budidayakan rumput laut yang merupakan salah satu komoditi sumber daya laut yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

”Budi daya rumput laut akan terus diupayakan, karena ini nilai ekonomisnya menjanjikan dalam rangka menunjang ekonomi masyarakat,” ujar Wowor.

Adapun lokasi yang sangat berpotensi untuk mengembangkan budi daya rumput laut ini, kata Wowor adalah Pantai Selatan Pulau Lembeh yakni Kelurahan Motto, Doorbolaang, Pasokan, Nusu, Paser Panjang, Lirang dan Pancuran.

” Untuk tahap pertaman pembibitan rumput laut akan dilakukan di Kelurahan Doorbolaang,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Wowor, untuk berhasilnya program budi daya rumput laut ini, pihaknya akan bekerjasama dengan Pengusaha, masyarakat sekitar dan Koperasi Angkatan Laut Bitung.

”Dinas Kelautan dan Perikanan akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar program budi daya rumput laut terwujud,” ujarnya.

Ditambahkan Wowor agar program ini tidak akan gagal panen pihaknya akan lebih menyederhanakan luas lahan sebesar jaring yakni 4 x 4 meter, karena berdasarkan pengalaman pada tahun 2010 dan awal Januarai 2011 program ini mengalami gagal panen akibat luas lahan yang cukup besar sehingga tidak bisa menahan arus air jika curah hujan tinggi yang mengakibatkan bibit rumput laut hanya dimakan ikan.

”Agar tidak akan gagal panen, luas lahan akan lebih disederhanakan sehingga mampu menahan arus air jika sedang tinggi curah hujannya,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • Leo mengatakan:

    Sudahlah pak Wowor, belajar dari pengalaman selain untuk memperbaiki, bisa juga untuk membatalkan. Tidak ada lokasi yang layak untuk budidaya rumput laut di sekitar perairan P. Lembeh.
    Jangan terantuk dua kali pada batu yang sama.
    Kalau mo dipaksakan, silahkan simpan komentar saya ini, kita buktikan.
    Salam,
    Leo

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading