Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Bulo Akui Minimnya Pengawasan UMP oleh Disnaker Manado ke Perusahaan

Aldi Mawitjere   |   8 Maret 2012 – 23:23 WITA
Atto Bulo

Plt Kadis Tenaga Kerja Manado, Atto Bulo

Manado, (manadotoday.com) — Pengawasan penerapan Upah Minimum Provinsi (UMP) di wilayah Kota Manado, diakui masih minim oleh Plt Kadis Tenaga Kerja Manado, Atto Bulo.
Ungkapan Bulo tersebut sangat beralasan, karena jumlah perusahaan dengan pengawas sangat jauh. Dimana tenaga pengawas di Disnaker hanya berjumlah 7 orang, sedangkan di Kota Manado sendiri sekitar ada 1129 perusahaan.
“Hal inilah yang menjadi kendala bagi kami melakukan pengawasan. Namun kami tetap berupaya melakukan pengawasan mendorong agar perusahaan di Manado dapat menindaklanjuti hal tersebut,” ujar Plt Kadis Nakertrans yang barusan menjabat tersebut Kamis (08/03/2011)
Hanya saja, untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengawas kedepan, Bulo menegaskan akan melakukan lobi ke pemerintah pusat agar bisa ada penambahan.
“Selain hal ini menjadi persoalan perburuhan antara karyawan dan pengusaha, Disnaker hanya memiliki 4 mediator. Artinya kita kekurangan tenaga pengawas dan mediator. Jadi tidak sebanding dengan perusahaan yang ada di Kota Manado,” terangnya.
Perlu diketahui, proses waktu dalam mediasi terkait dengan adanya permasalahan karyawan dan perusahaan tidak bisa selesai hanya satu dua hari. Karena disitu ada aturan undang-undang ketenagakerjaan yang harus diikuti.
“Ideal kita ada tambahan tenaga pengawas sampai 20 orang begitu juga dengan tenaga mediasi,”kuncinya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading