Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Bunaken Semakin Kotor, DPRD Akan Panggil DPTNB

Staff Manado Today   |   21 Juni 2011 – 13:13 WITA

DPRD Sulut berharap kondisi Taman Laut Bunaken harus segera ditangani secara optimal, agar tidak berdampak buruk hingga ke mata internasional.

Manado Today – Keadaan objek wisata taman laut bunaken yang kian memprihatinkan dari hari-kehari, membuat DPRD Sulut akan memanggil Dewan Pengelola Taman Nasional Bunaken (DPTNB) atas kondisi taman laut kebanggan Sulut yang kini semakin kotor dan kurang terawat.

“Taman Laut Bunaken merupakan ikon pariwisata Sulawesi Utara, namun akibat tidak ditangani secara profesional kondisinya semakin jelek,” tutur anggota DPRD Sulut, Veronika Ponto.

Menurutnya, pengelolaan taman laut tersebut merupakan tanggung jawab DPTNB, sehingga dipandang perlu menghadirkan DPTNB pada saat dengar pendapat. Dan DPRD akan meminta klarifikasi terkait kondisi Bunaken yang memprihatinkan, apalagi kas DPTNB belum dipertanggungjawabkan.

“Saat ini saja, Taman Laut Bunaken sering dicemooh oleh masyarakat banyak, sebab kondisinya tidak lagi sesuai dengan kepopuleranya,” tambah Ponto.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Sulut Prof Jopie Paruntu juga mengungkapkan keprihatinannya dengan kondisi Taman Laut Bunaken yang kotor sebab dipenuhi oleh sampah.

“Banyak wisatawan yang turut menyesalkan keadaan objek wisata terbaik di dunia itu kini tidak lagi terurus, sehingga ini harus dijadikan perhatian oleh pemerintah daerah,” ujar Paruntu.

Terlihat jelas, sampah yang berserakan di lokasi itu disebabkan masyarakat pesisir pantai yang secara bebas membuang sampah ke laut, ahkan sebagian besar sampah datang dari sejumlah daerah aliaran sungai (DAS).

Victor Mailangkay, Ketua Badan Legislasi DPRD Sulut meminta kepada pemerintah daerah agar mengawasi secara optimal DAS yang bermuara ke Taman Laut Bunaken, sebab ribuan kubik sampah nantinya akan berakhir di Bunaken.

Menurut Mailangkay, Pemkot Manado yang telah menetapkan Perda penaggulangan sampah agar bisa memfungsikannya secara baik. Serta mengusulkan pengadaan jaring-jaring di setiap DAS unutk mengantisipasi masuknya sampah ke Taman Laut Bunaken. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading