Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Headline

Bungkil Kopra Sulut tembus Korea Selatan

Redaksi Manado Today   |   20 Mei 2011 – 15:39 WITA

Manado Today – Bungkil kopra produkan Provinsi Sulawesi Utara tembus Korea Selatan. Minggu ketiga Mei 2011, sebanyak 2.355,14 ton senilai 372.111 dolar AS telah di ekspor ke negeri ginseng itu. “Ekspor ke negara tersebut merupakan kali pertama untuk produk tersebut dalam beberapa tahun terakhir,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Jumat siang.

Korea Selatan selama ini sudah dikenal sebagai pasar potensial bagi komoditas unggulan Sulut, hanya saja untuk bungkil kopra ataupun produk turunan kopra merupakan pasar baru.

Sanny mengatakan bungkil kopra yang diekspor ke negara tersebut setelah melalui proses pengolahan minyak goreng yang dilakukan pabrik pengolah di Sulut. Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong mengatakan, terbukanya peluang ekspor bungkil kopra ke Korea Selatan, akan membawa dampak positif pada harga produk kopra tetap bertahan di harga yang cukup tinggi.

“Kopra dalam beberapa bulan terakhir ini terus menunjukkan kenaikan harga yang cukup tinggi ke posisi kisaran Rp1 juta per kuintal (100 Kg), bahkan pernah menyentuh Rp1,1 juta per kuintal,” kata Hanny.

Komoditas kopra merupakan salah satu produk turunan kelapa yang paling banyak dihasilkan petani. “Sekitar 80-90 persen petani kelapa Sulut mengolah buah kelapa menjadi kopra melalui proses pengasapan, hanya sebagian kecil petani memproses dengan menggunakan cahaya matahari,” kata Hanny.

Produksi kopra Sulut dalam setahun berkisar 300 ribu ton, mampu menambah penghasilan bagi lebih dari 100 ribu kepala keluarga yang tersebar di 15 kabupten/kota yang ada di provinsi ini. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading