Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa

Buntut Penganiayaan, Ratusan Warga Serang Pos TNI AU di Kalawiran Kakas

Redaksi Manado Today   |   23 Januari 2011 – 20:13 WITA
Langowan Today- Sekitar 400 warga dari beberapa desa di kecamatan Langowan melakukan aksi pengrusakan pos jaga di pos TNI AU di Desa Kalawiran, Kecamatan Kakas, Sabtu (22/1/2011).

Ratusan Warga yang Marah Menyerbu Pos TNI AU di Kalawiran Kakas

Sekitar pukul 13.30 Wita, ratusan warga dengan menggunakan mobil bak terbuka dan puluhan sepeda motor, Juga puluhan masyarakat yang tinggal disekitar pos jaga tersebut, bergerak menuju pos TNI AU yang saat itu dijaga beberapa orang pasukan.

Aksi anarkis ini, sebagai buntut dari kekesalan warga pada tindakan penganiayaan yang dilakukan empat anggota TNI AU yang berjaga di pos tersebut pada empat orang warga Langowan, Jumat (21/1/2011) malam.
David Manembu, aktivis sekaligus tokoh masyarakat Langowan melakukan orasi di depan pos jaga tersebut. Dirinya mengutuk tindakan arogansi yang ditunjukkan anggota TNI AU pada warga. Menurutnya, penganiayaan ini sangat keterlaluan, karena sebelum menganiaya warga, anggota TNI AU juga melayangkan tembakan dari senjata laras panjang.”Kami mengutuk tindakan anggota TNI yang melakukan penembakan dan menganiaya warga. Kejadian penembakan ini melanggar hak asasi manusia. Langowan adalah wilayah yang aman, kenapa harus menembak warga,” teriaknya.Mendengar orasi tersebut, beberapa warga sempat terpancing emosinya dan berteriak memaki anggota TNI AU yang berjaga di tempat tersebut.
David selanjutnya minta pimpinan TNI AU untuk mendidik anggotanya secara benar, jangan menempatkan anggota yang hanya tahu membuat keonaran dan menganiaya warga.
Buktinya saat ini anggota TNI AU membawa senjata dan menganiaya warga.”Beri kami (warga) senjata dan kami akan berperang dengan anggota TNI AU. Atau mari kita berkelahi dengan tangan kosong, kita lihat siapa yang akan menang,” teriaknya.
Sementara itu, seorang warga lain juga mengungkapkan kata-kata yang menentang sikap tidak terpuji yang dilakukan anggota TNI AU. Dirinya bahkan mengatakan pos jaga itu lebih baik dikosongkan, dan tidak ada lagi anggota TNI AU yang berjaga di tempat tersebut.”Lebih baik tidak ada anggota TNI AU yang berjaga di tempat ini. Mereka hanya menimbulkan konflik dan meresahkan masyarakat. Kami beri ultimatum, dalam waktu satu kali 24 jam tempat ini harus segera dikosongkan. Jika tidak kami akan massa yang lebih banyak untuk meratakan tempat ini,” ujar pria tersebut.Saat emosi warga semakin meninggi, tanpa dikomando, puluhan warga langsung menghampiri pos jaga di depan bangunan sederhana tersebut dan menarik beberapa papan sampai patah.
Akibat tindakan pengrusakan ini, sempat terjadi adu fisik antara warga dan anggota polisi yang mengamankan aksi warga tersebut. Kapolsek Langowan, AKP Ronny Tumalun SE sempat emosi dan terlibat adu fisik dengan beberapa warga. Sempat terjadi tarik menarik yang diikuti makian dari kedua belah pihak. Untungnya kedua belah pihak bisa dipisahkan. Rombongan warga selanjutnya kembali kearah Langowan.Namun aksi massa tersebut tidak hanya sampai disitu. Massa yang masih marah kembali berkumpul di sekitaran gedung gereja GMIM Sentrum Langowan. Massa dalam jumlah yang hampir sama dengan aksi sebelumnya kembali ke pos tersebut dan benar-benar menghancurkan pos jaga yang berada di samping jalan. (evel)

Dikirim melalui Facebook Seluler

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading