Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Bupati/Walikota di Sulut kembali Diingatkan soal Koordinasi dengan Pemprov

Tonny Sumakul   |   15 Agustus 2012 – 12:45 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Bupati dan Walikota di 15 daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), kembali diingatkan terkait koordinasi dengan Pemprov Sulut, khususnya menyangkut program pemerintahan.

“Bupati dan Walikota, harus terus bersinergi dengan Pemprov Sulut dalam berbagai program pemerintahan. Jangan lari dari aturan,” ujar Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil MPd.

Dijelaskan Kansil, memang saat ini untuk menjawab peluang sekaligus ruang gerak yang diakibatkan reformasi, Pemkab dan Pemkot harus semakin sensitive dan responsive terhadap peluang dan tantangan yang ada, dengan melakukan terobosan, pemikiran kreatif dan inovatif, memiliki wawasan futuristik, sistemik, dan antisipatif dalam meminimalisir resiko optimalisasi berbagai sumber daya potensial, sesuai ketentuan perundangan yang berlaku. Namun menurut Kansil, kesemuanya itu harus dilakukan koordinasi dengan Pemprov, bukan langsung ke pemerintah pusat.

“Revisi undang-undang tentang pemerintahan daerah, memperjelas peranan Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat. Artinya, Bupati/Walikota agar harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Gubernur, selaku wakil pemerintah pusat yang ada di daerah,” ungkap Kansil.

Contoh Kansil terkait koordinasi dengan Pemprov, adalah upaya pengurangan resiko dan antisipasi dampak bencana, dengan memperhatikan implementatif mulai tanggap darurat, pasca bencana, monitoring dan evaluasi, dan implementasi kebijakan penanggulangan bencana.

“Itu sebaiknya dilakukan koordinasi yang jelih dan sesuai aturan,” tandasnya.

Ditambahkannya, pentingnya koordinasi antara Pemkab/Pemkot dengan Pemprov, adalah langkah untuk memajukan pemerintahan, yang berimbas pada kesejahteraan seluruh masyarakat. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading