Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Buruh Bangunan Temukan Mortir Aktif di Girian Weru

Aldy Monareh   |   13 Oktober 2011 – 19:32 WITA

Bitung Today – Warga Kota Bitung kembali dihebokan dengan penemuan mortil aktif yang diperkirakan adalah peninggalan perang dunia. Mortir ini ditemukan oleh buruh bangunan yaitu Sakirun Indra (46) dan Dasim (26), keduanya warga Girian Bawah, saat sedang menggali lobang

Mortir Aktif

Mortir Aktif yang ditemukan di Girian Weru

septic tank Ruko di samping PT Pusri Bitung, di Kelurahan Girian Weru Kecamatan Girian Kota Bitung, Kamis (13/10/2011) sekitar pukul 11:00 wita.

Informasi yang dirangkum manadotoday, siang tadi sekitar pukul 11.00 Wita, dimana Sakirun Indra dan Dasim sedang menggali sapitank di Ruko samping PT Pusri Bitung. Tiba-tiba saat menggali pada kedalaman kurang lebih 1 meter mereka menemukan selongsong mortil.

”Setelah kami temukan, kami langsung laporkan temuan ini ke Polres Bitung yang hanya berjarak kira-kira 200 meter dari lokasi temuan,” ujar keduanya.

Sementara itu Kapolres Bitung AKBP Satake Bayu SIK, ketika dikonfirmasi membenarkan temuan tersebut.

Bayu mengakui, tadi sekitar pukul 11.00 wita bahwa pihaknya mendapatkan laporan penemuan selongsong mortil aktif oleh dua buruh bangunan asal Girian bawah, setelah mendapatkan laporan kata Bayu, pihaknya kemudian langsung menghubungi tim Jihandak Polda Sulut, untuk menangani hal ini.

”Mortil tersebut langsung dibawa dan diledakkan di lapangan tembak secata B,” ujar Bayu sembari menghimbau masyarakat jika menemukan mortil atau sejenisnya agar secepatnya melapor ke aparat Kepolisian.

Sementara itu Kompol Irwan Jaya Wakaden Gegana Polda Sulut, dilokasi peledakan tempat menembak Dodik Secata B, mengungkapkan bahwa selongsong mortil yang beratnya kurang lebih 5 kg, dengan daya ledak tinggi ini diperkirakan adalah peninggalan jaman perang dunia kedua.

”Mortil tersebut daya ledaknya tinggi (high explosif) karena dibuat untuk perang,” ujarnya.

Dan untuk serpihan Mortil kata Iwan, akan dibawa ke Polda Sulut untuk ditempatkan di tempat khusus kemudian dilakukan penelitian.

”Sepihannya akan dibawah untuk selanjutnya diperiksa,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading