Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Buruh PT PGE Lahendong Mengadu ke DPRD

Ardi Kalumata   |   28 Mei 2012 – 16:44 WITA
Buruh PT PGE Lahendong

Buruh PT PGE Lahendong mengadu ke dewan

TOMOHON, (manadotoday.com)–Sebagai tindak lanjut aksi mogok kerja, Senin (28/5) para buruh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Lahendong mengadu ke DPRD Tomohon.

Gomer Wowor dan kawan-kawan diterima Drs Paulus A Sembel, Hofny SC Kalalo, Rinneke Kilis, Ferdinand Mono Turang SSos serta Joudy Moningka.

Saat bertemu para anggota dewan, mereka menyampaikan uneg-unegnya sehubungan dengan tidak diperhatikannya hak-hak mereka sebagai karyawan.

”Selama ini, kami memang belum menandatangani kontrak kerja. Sudah disodorkan, tapi, banyak yang tidak sesuai. Contohnya tak ada Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Padahal, kerja kami sangat berisiko,” ungkap para buruh kepada anggota dewan.

Para buruh yang mengadu adalah outsourching. Ada yang sudah hampir 30 tahun mengabdi, namun hal-haknya tak dijamin.

”Kami mengadu ke dewan, karena selain banyak yang tidak sesuai, jika kami melakukan aksi mogok kerja, diancam oleh pihak manajeman untuk dipecat dan diganti orang lain,” keluh mereka.

Menanggapi keluhan tersebut, para anggota dewan berjanji akan memanggil pihak-pihak terkait untuk diminta penjelasan.

”Selain pihak manajemen, kami juga akan memanggil Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon. Karena ini berhubungan erat dengan Dinas Tenaga Kerja,” kata Sembel, Kalalo, Kilis, Turang dan Moningka.

Ditambahkan Sembel, atas aduan tersebut pihaknya mencatat ada enam masalah serius.

Yakni perjanjian kerja rancu dan tak ada Jamsostek, kesejahteraan di bawah standar, tak sesuai dengan UU nomor 13 tahun 2003. Selain itu kesehatan keluarga tak difasilitasi sesuai undang-undang, tak ada penjenjangan karir, tak ada peningkatan kualitas kerja karena tak pernah diikutkan pelatihan serta tak ada jaminan kecelakaan kerja. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading