Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung

Camat Aertembaga Dinilai Acuhkan Instruksi Sekkot Soal Tower Mitra Tell

Staff Manado Today   |   7 Juli 2011 – 08:52 WITA
tower mitra tell

Pembangunan tower Mitra Tell di kelurahan Pateten I Lingkungan II ditolak warga

Bitung Today – Kendati masih mendapatkan penolakan sejumlah warga Kelurahan Pateten Lingkungan I Kecamatan Aertembaga, yang bermukim di sekitar lokasi pembangunan. Ternyata tak membuat pekerjaan konstruksi tower Mitra Tell berhenti, bahkan terus berlanjut dan saat ini hampir pada perampungan.

Kondisi ini membuat warga mempertanyakan instruksi Sekretaris Kota Bitung Edison Humiang beberapa waktu lalu, yang memerintahkan agar Camat Aertembaga serta Lurah Pateten, untuk menghentikan sementara pembangunan tersebut.

”Camat, Lurah, serta Pala, artinya tidak mengindahkan perintah Sekkot,”ujar Syane Pesik salah satu warga sekitar yang menolak pembangunan tersebut.

Pembangunan tower yang awalnya telah mendapat penolakan hampir seluruh warga, dengan berbagai alasan seperti radiasi serta bahaya tertimpa besi tower, mengingat Bitung merupakan daerah rawan gempa serta tiupan angin kencang.

”Tower bisa saja roboh jika terjadi gempa atau angin kencang, yang bukan tidak mungkin akan memakan korban.Itulah alasan mengapa pembangunan Tower ditolak di lokasi pemukiman. Apa tidak ada lokasi lain di luar pemukiman,” ujar Pesik.

Disamping itu katanya, peringatan Sekot Bitung, Drs Edison Humiang MSi untuk menghentikan sementara pembangunan tower tersebut nampaknya tidak digubris pihak pengembang, karena ditenggarai belum memiliki ijin gangguan atau Hidden Ordonantie (HO) dan Ijin mendirikan bangunan (IMB).

“Pembangunan tower tersebut bisa dilanjutkan jika pihak pengembang sudah mengantongi ijin dan tidak mendapat komplain warga sekitar,” ujarnya mengutip pernyataan Humiang disejumlah pemberitaan beberapa waktu lalu sembari berharap pemerintah dapat memperhatikan kembali keluhan mereka.(lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

  • vanderina mengatakan:

    pemkot bitung melalui sekkot bitung, sudah perintahkan untuk menghentikan pembangunan tower tsb dan dapat dibongkar paksa oleh satuan PP, tapi sungguh dasyat bener….., proyek tsb masih berlanjut bahkan mendekati final.

    ouuw..ouuww…. ada apa nih? yah iyaalah….. pasti ada apa-apanya dunk…! hayooo…SAPA BERANI MENYANYI…?

  • vanderina mengatakan:

    orekeiiy…., enter walikota rekeng nyak tau kalo ada proyek pembangunan tower telekomunikasi (IT) ooh..teteiyy… kong sapa pe jago dang da kaseh keluar ijin mendirikan tower?

    rakyat nyandak gap teknologi, mar eh peruntukannya bemana punya itu? semua kan ada jalur resmi untuk pembangunan infrastruktur dan tata ruangnya.

    yah…, mo bilang pande mar apa eeh…??
    (so musti usut…, ada apa ini? di lini mana yang kase ijin deng terima angpao? sorry lagu lama ni dia)

    jadi jang panas talinga… hehehehehe… ayooo…SAPA YANG BERANI “MENYANYI”….. kalo nyanda ada gaung dan melodi, berarti semua aman2 saja dan resmi toh.. iyooo..toh… (jang kumabal ei!)

    napa, baca joh depe berita lengkap:

    Walikota Bitung : Hanny Sondakh
    Bitung Today – Walikota Bitung Hanny Sondakh mengaku, dirinya hingga kini tidak mengetahui apakah pembangunan tower-tower di Kota Bitung, memiliki izin atau tidak. Pernyataan Sondakh tersebut, ketika dimintai keterangan terkait pembangunan tower Mitra tell di Kelurahan Pateten, yang ditenggarai belum mengantongi izin Hidden Ordonantie (HO) atau gangguan, serta Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

    “Sampai saat ini saya juga tidak mengetahui jika pembangunan tower di Kota Bitung memiliki izin atau tidak,” kata orang nomor satu di Bitung itu.

    Lanjutnya mengatakan, instansi terkait diminta untuk dapat, mendata apakah seluruh tower yang ada di Bitung memiliki izin IMB dan HO, supaya nantinya pembangunan yang dilakukan pengusaha di Kota Bitung, akan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

    Disisi lain kata Sondakh lagi, dirinya tidak akan kompromi dengan pengusaha yang melakukan pembangunan tanpa mengikuti prosedur atau mekanisme yang berlaku.

    “Saya tidak akan kompromi dengan pengusaha yang tidak ikut aturan dalam melakukan pembangunan di Kota Bitung,” ketusnya.

    Ia menambahkan, dirinya juga akan menindak tegas jika ada aparat pemerintah yang memback-up pembangunan yang tak sesuai tauran, padahal hanya akan merugikan masyarakat dan Pemkot Bitung. (lou)

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading