Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Camat di Sulut Wajib Inventarisasi Nama Rupa Bumi di Wilayahnya

Tonny Sumakul   |   11 Juli 2012 – 23:41 WITA
Mecky Onibala

Drs. Mecky M. Onibala MSi

MANADO, (manadotoday.com) – Seluruh Camat yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diwajibkan untuk menginventarisasi seluruh nama rupa bumi unsur alami di masing-masing wilayah yang dipimpinnya.

Hal itu disampaikan Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Mecky M. Onibala Msi, saat membuka rapat pembinaan dan pembakuan nama rupa bumi unsur alami, yang di laksanakan Biro Pemerintahan dan Humas Sulut, di hotel Arya Duta Manado yang ikuti seluruh Camat di Kabupaten/Kota se Sulut, Rabu (11/7).

“Kita berkumpul ini, untuk membahas pembinaan pembakuan nama rupa bumi unsur alami. Kegiatan ini diharapkan dapat memacu langkah kerja Camat untuk menginventarisasi nama rupa bumi di wilayah masing-masing, yang merupakan unsur alam dan unsur buatan manusia, sepertihalnya danau, sungai, gunung dan bendungan,” kata Onibala.

Menurutnya, sesuai Undang-Undang Nomor 112 tahun 2006 tentang rupa bumi, sebagai tindak lanjut Mendagri dengan mengeluarkan pedoman umum terkait pembakuan nama rupa bumi di Provinsi dan Kabupaten/Kota, mudah-mudahan akan diimplementasikan seluruh Camat di Sulut, untuk mewujudkan tertib administrasi, kesamaan pengertian nama rupa bumi di Indonesia dan menyamakan persepsi secara nasional tentang rupa bumi.

“Pembakuan nama rupa bumi ini, erat kaitannya dengan penentuan batas wilayah. Untuk itu diharapkan, di Sulut akan menyamakan persepsi tentang nama rupa bumi, untuk menghindari penentuan batas wilayah yang kerap mengalami kebuntuhan yang berujung konflik,” tandasnya, seraya menyatakan jika peran Camat sangat penting untuk penentuan pembukua nama rupa bumi.

Sementara secara teknis, Onibala meminta Camat agar dalam penamaan rupa bumi, menerima juga usulan Lurah atau Kepala Desa. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading